3 Eksekutif Binance Resign, Apa yang Terjadi?

Anggita Hutami

7th July, 2023

Tiga eksekutif Binance dilaporkan mengundurkan diri di tengah gugatan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat dan penyelidikan yang dilakukan oleh Departemen Kehakiman (DOJ). Berita pengunduran diri tiga eksekutif Binance pertama kali dilaporkan oleh Fortune pada Kamis (6/7).

Chief Strategy Officer Binance, Patrick Hillman, telah mengonfirmasi pengunduran dirinya dari perusahaan melalui akun Twitter resminya pada tanggal 6 Juli. Dalam cuitannya, ia menyatakan bahwa ia akan fokus untuk mendukung istrinya yang akan segera melahirkan.

“Saya akan terus mendukung rekan-rekan saya di Binance dan mendukung industri ini seiring dengan perkembangan dan kematangannya. Blockchain dan kripto akan tetap ada dan saya senang melihatnya meledak di tahun-tahun mendatang, ”tambah Hillmann.

Baca juga: Top Eksekutif Binance di Rusia Resign, Regulasi Dituding Jadi Penyebab

Laporan Fortune juga mengungkapkan kedua eksekutif lainnya, penasihat umum General Counsel Binance Han Ng dan VP for Compliance Steven Christie, juga mengundurkan diri dari Binance.

Selain itu, Matthew Price, seorang mantan agen IRS yang menjabat sebagai Kepala Intelijen dan Investigasi Global di Binance, juga telah mengumumkan pengunduran dirinya.

Keputusan Ng, Hillman, dan Christie untuk meninggalkan Binance diduga berkaitan dengan tekanan regulator AS terhadap Binance baru-baru ini.

Baca Juga: Binance Gugat Balik SEC dan Tolak Semua Tuduhan

Tanggapan Changpeng Zhao

Changpeng Zhao menanggapi laporan tentang alasan pengunduran diri eksekutif Binance dengan menyatakan bahwa klaim-klaim yang menghubungkan kepergian mereka dengan penyelidikan regulator tidak benar.

Baca juga: Binance.US Sebut Siaran Pers SEC Membingungkan Investor!

Polemik Hukum Binance

Binance dihadapkan pada berbagai tuntutan dan penyelidikan regulator di seluruh dunia. Kepergian eksekutif dapat menghambat proses pembelaan Binance.

Pada bulan Juni, SEC mengajukan gugatan terhadap Binance dengan 13 tuduhan pelanggaran hukum sekuritas. Sebelumnya, dua bulan sebelumnya, Binance juga menghadapi gugatan dari CFTC. Selain itu, Binance juga tengah menghadapi beberapa penyelidikan yang dilakukan oleh regulator di Eropa dan Australia.

Baca Juga: Binance Kena 13 Tuntutan SEC, CZ Pastikan Dana Pelanggan Aman

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.