Binance Gugat Balik SEC dan Tolak Semua Tuduhan

Anggita Hutami

13th June, 2023

Binance US baru-baru ini mengajukan gugatan balasan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) pada Senin (12/6). Dokumen gugatan ini berisi 20 mosi, termasuk Binance US yang meminta pengadilan untuk menolak usulan penahanan sementara dan pembekuan yang diajukan SEC pada 7 Juni. Binance US juga menolak seluruh tuduhan yang diajukan oleh SEC pada 6 Juni.

Baca Juga: SEC Minta Pengadilan Bekukan Aset Binance US

Isi Gugatan Balasan Binance US

Pada pernyataan pertama, pengacara Binance US, Daniel W. Nelson, mengatakan bahwa SEC tidak memiliki hak untuk meminta intervensi pengadilan.

Menurut Binance US, usulan penahanan sementara yang diajukan oleh SEC dianggap berlebihan dan tidak masuk akal. Binance US menduga bahwa SEC ingin bisnis BAM berhenti total dengan cara-cara yang otoriter.

Binance US menyatakan bahwa usulan penahanan sementara dan pembekuan aset dapat merusak stabilitas keuangan perusahaan dan menghalangi upaya pembelaan mereka di persidangan. Persidangan terkait usulan penahanan sementara akan dijadwalkan pada 13 Juni di Pengadilan Distrik Columbia.

“Bantuan yang diminta terutama akan merugikan pelanggan BAM, secara efektif membuat BAM gulung tikar, dan mencegah BAM membela diri dalam litigasi ini,” pernyataan Binance US dalam dokumen itu.

Pernyataan kedua mengatakan bahwa SEC hanya menuduh tidak memberikan contoh konkret di mana aset pelanggan BAM telah disalahgunakan.

Binance US mengklaim bahwa semua tuduhan yang diajukan oleh SEC tidak berdasar karena belum ada satu pun perdagangan sekuritas yang diidentifikasi di platform BAM. Sejauh ini, SEC telah mengkategorikan 68 aset kripto sebagai sekuritas.

Pernyataan ketiga, SEC tidak memiliki kewenangan untuk meminta pendaftaran Binance US sebagai sekuritas ketika regulator belum dapat mengklasifikasikan aset kripto secara pasti.

Binance US menegaskan telah bersikap kooperatif dalam penyelidikan yang telah berlangsung sejak 20 Desember 2020. Binance US menyebutkan hasil investigasi ini mencakup lebih dari 700.000 komunikasi individu disertai dengan data terkait operasional Binance sehari-hari.

Baca juga: Menilik Perbedaan Gugatan SEC ke Binance dan Coinbase

Gugatan Binance Dianggap Lemah

COO Onramp Bitcoin Jesse Myers membagikan pandangannya terkait gugatan balasan Binance US kepada SEC. Ia berpendapat bahwa argumen yang diberikan pengacara tidak kuat di mata hukum.

“Jika ini adalah argumen terbaik yang dapat diajukan oleh tim hukum yang dibayar mahal, maka Binance benar-benar berada dalam kesulitan. Tidak heran, mengingat SEC punya rekaman percakapan dengan lead compliance Binance yang mengakui bahwa mereka menjalankan bursa sekuritas tanpa izin di Amerika Serikat,” ungkap Myers.

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.