3 Negara Ini Investigasi Proyek Worldcoin

Anggita Hutami

1st August, 2023

Proyek Worldcoin, besutan CEO OpenAI Sam Altman, telah menarik banyak perhatian dari berbagai pihak terkait kontroversi keamanan data.

Saat ini, otoritas di tiga negara, yakni Jerman, Prancis, dan Inggris, dilaporkan sedang melakukan investigasi terhadap proyek tersebut.

Menurut data Coinmarketcap, harga Worldcoin (WLD) diperdagangkan sebesar US$2,31 mencatat penurunan 13,5% dalam sepekan terakhir.

Baca Juga: Mengenal Proyek dan Kontroversi Worldcoin Milik Bos ChatGPT

3 Negara Selidiki Proyek Worldcoin

Pengawasan Perlindungan Data (BayLDA) Jerman dilaporkan telah memulai penyelidikan terhadap proyek Worldcoin yang berkaitan dengan verifikasi identitas manusia. Penyelidikan BayLDA terkait Worldcoin akan berfokus pada penggunaan data biometrik.

Menurut laporan Reuters (31/7), BayLDA telah memulai penyelidikan terhadap aktivitas Worldcoin sejak November 2022. Tools For Humanity, perusahaan di balik Worldcoin, diketahui memiliki anak perusahaan yang berbasis di Jerman.

Pimpinan BayLDA, Michael Will, menyebutkan bahwa proyek Worldcoin belum melalui analisis yang mendalam. Teknologi semacam itu berpotensi disalahgunakan untuk mengirimkan informasi keuangan dan menimbulkan risiko bagi pengguna Worldcoin.

Selain otoritas Jerman, dua negara lainnya juga dilaporkan sedang melakukan investigasi terkait proyek Worldcoin diantaranya Komisi Nasional Prancis dan Kantor Komisi Informasi Inggris.

“Kami mencatat peluncuran WorldCoin di Inggris dan akan membuat pertanyaan lebih lanjut. Perusahaan [Worldcoin] perlu memiliki dasar hukum yang jelas untuk memproses data pribadi. Di mana mereka mengandalkan persetujuan, ini perlu diberikan secara bebas dan mampu ditarik tanpa merugikan,” kata juru bicara Kantor Komisaris Informasi, mengutip laporan CoinDesk pada Rabu (26/7).

Worldcoin merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk membedakan antara orang asli dan bot dengan menggunakan pemindaian retina sebagai cara untuk melakukan verifikasi identitas. Proyek ini berhasil mendaftarkan lebih dari dua juta pengguna sebelum akhirnya diluncurkan pada bulan Juli 2023.

Token Worldcoin telah diluncurkan sejak Senin (24/7). Salah satu pendiri Worldcoin, Sam Altman, melaporkan bahwa aplikasi terkait token Worldcoin (WorldApp) mencatat pengguna baru setiap 8 detik.

Beberapa tokoh utama, termasuk pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, telah menyoroti proyek ini dan memberikan pendapat mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga: Vitalik Buterin Ungkap Empat Risiko Sistem Worldcoin

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.