KPMG Sebut Emisi Karbon Mining Bitcoin Setara dengan Pengering Pakaian

Anggita Hutami

3rd August, 2023

Perusahaan konsultasi bisnis berbasis di Belanda, KPMG, baru-baru ini mengeluarkan laporan dengan judul “Bitcoin’s Role in The ESG Imperative” Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa Bitcoin (BTC) saat ini semakin ramah lingkungan.

Baca Juga: Tether Investasi ke Mining Bitcoin Ramah Lingkungan di Uruguay

Emisi Karbon Mining Bitcoin

Bitcoin seringkali dicap sebagai penyumbang emisi karbon terbesar di dunia. Sebuah artikel Newsweek yang dirilis pada tahun 2020 pernah mengklaim bahwa penambangan (mining) Bitcoin akan menghabiskan seluruh energi di dunia pada tahun 2020.

Namun, analis KPMG menyebut bahwa konsumsi energi bukan masalah utamanya, tetapi ia lebih menyoroti emisi yang terkait dengan produksi energi tersebut, seperti emisi dari pembakaran bahan bakar fosil.

Analis KPMG menyebut bahwa emisi karbon yang dihasilkan Bitcoin (BTC) dinilai setara dengan jumlah energi yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin pengering pakaian. Menurut laporan KPMG, BTC mengonsumsi sekitar 110 terawatt jam energi per tahun, sekitar 0,55% dari total konsumsi listrik global.

Baca juga: Bersiap untuk Halving Bitcoin, Riot Borong 33.280 Mining Rig!

Pencucian Uang di Bitcoin

Laporan itu juga menyebutkan bahwa praktik pencucian uang menggunakan aset Bitcoin relatif kecil jika dibandingkan dengan kasus pencucian uang di seluruh dunia.

Menurut statistik Kantor Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), pencucian uang diperkirakan menyumbang sekitar 2-5% dari produk domestik bruto global. Sementara itu, laporan Elliptic menyebutkan bahwa Bitcoin hanya menyumbang sekitar 0,24% dari total transaki.

Laporan juga mencatat bahwa jumlah uang yang dicuci melalui Bitcoin jauh lebih kecil dibandingkan dengan mata uang digital lainnya seperti Ether (ETH), stablecoin, atau altcoin.

Anti Money Laundry (AML) dan Know Your Customer (KYC) dapat diterapkan saat koin dikonversi kembali ke mata uang fiat pada titik off-ramping, tetapi tidak ada persyaratan AML/KYC saat melakukan transaksi langsung menggunakan Bitcoin.

Baca Juga: 6 Saham Perusahaan Mining Bitcoin Ini Melejit, Naik Ratusan Persen!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.