Chibi Finance di Arbitrum Rug Pull, Token Anjlok 98%

Anggita Hutami

27th June, 2023

Chibi Finance diduga melakukan rug pull senilai US$1 juta. Menurut analisis on-chain oleh tim keamanan PeckShield, 555 ETH dengan nilai sekitar US$1 juta telah ditarik dari pool likuiditas platform.

Chibi Finance menyebut dirinya sebagai layanan yield-optimizing memungkinkan pengguna menyimpan token dan secara otomatis mendapatkan imbal hasil.

Tim pengembang Chibi Finance menarik token yang telah dipertaruhkan oleh pengguna di platform dan mengubahnya menjadi ETH.

Baca juga: Apa itu Rug Pull dan Cara Menghindarinya

Dana tersebut kemudian dipindahkan dari jaringan Arbitrum ke Ethereum dan melewati Tornado Cash, sebuah layanan populer yang digunakan untuk menyembunyikan jejak transaksi. Hal ini dilakukan untuk membuat transaksi tersebut sulit dilacak, seperti yang dilaporkan oleh PeckShield.

Di tengah tuduhan rug pull, tim digital Chibi Finance tidak memberikan tanggapan atau klarifikasi atas situasi tersebut. Sebaliknya, tim tersebut tiba-tiba menghilang tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Akun media sosial mereka di Twitter dan Telegram, serta situs proyek chibi.finance, tidak lagi dapat dijangkau. Usaha untuk menghubungi tim proyek tidak berhasil dan tidak ada tanggapan yang diberikan.

Kejadian ini menjadi bagian dari serangkaian penipuan yang baru-baru ini terjadi di Arbitrum dan ekosistem Ethereum Layer 2. Sebelumnya, terjadi kasus serupa pada proyek bernama Swaprum yang menggunakan Arbitrum dan kehilangan dana sebesar US$3 juta.

Pada bulan April, pertukaran terdesentralisasi bernama Merlin yang beroperasi di zkSync juga kehilangan hingga US$2 juta karena rug pull.

Baca Juga: Arbiswap di Arbitrum Terindikasi Rug Pull, Token Anjlok 100%

Dampak terhadap Token CHIBI

Menurut Dexscreener, token CHIBI mengalami penurunan drastis hingga mencapai -98,73% setelah munculnya isu rug pull. Data dari Dexscreener menunjukkan bahwa harga token CHIBI saat ini adalah US$0,03553 di protokol Chronos.

Gambar harga token Chibi. Sumber: Dexscreener.

Namun, di protokol Sushiswap, harga token CHIBI lebih rendah, yaitu sebesar US$0,01759. Perbedaan harga ini menunjukkan adanya volatilitas dan penurunan nilai yang signifikan bagi token CHIBI setelah kejadian rug pull.

Baca Juga: 97% Token di Uniswap Diklaim Rug Pull!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.