Arbiswap di Arbitrum Terindikasi Rug Pull, Token Anjlok 100%

Anggita Hutami

2nd March, 2023

Pertukaran kripto terdesentralisasi, ArbiSwap baru saja terperangkap rug pull oleh pengembangnya. Ini mengakibatkan hilangnya dana pengguna dari pools.

Baca Juga: Apa Itu Rug Pull Dan Cara Menghindarinya

ArbiSwap adalah sebuah platform DEX yang baru saja diluncurkan di ekosistem Arbitrum, yang merupakan solusi penskalaan Layer 2 untuk jaringan Ethereum.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan berbagai jenis token, termasuk token asli mereka ARBI, dan telah menjadi semakin populer selama beberapa bulan terakhir.

Diawali dengan Penurunan Likuiditas Secara Drastis

Pengguna platform telah mengungkapkan kekhawatiran mereka di media sosial bahwa likuiditas platform tiba-tiba menurun. Secara otomatis, ini mengakibatkan penurunan harga token. Platform tersebut sekarang sedang dipantau oleh komunitas keamanan DeFi, Rugdoc.io.

Menurut data dari Rugdoc.io, harga token ARBI telah turun sebanyak 100%. Penurunan harga yang terjadi secara tiba-tiba telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengguna.

Menurut data Coinmarketcap (2/3) pukul 17.31 WB, harga token ARBI telah anjlok 100% dan diperdagangkan pada harga $0.0000000132, dengan penurunan 100%, bahkan tidak ada kapitalisasi pasar dan sirkulasi pasar. Sebelum rug pull, token ARBI diperdagangkan di kisaran US$1.

Baca Juga: 3 Tren DeFi 2023 yang Harus Diperhatikan oleh Investor

Ada Celah Pada Kontrak ArbiSwap

Hard rug pull yang dilakukan pengembangnya disebabkan karena pertukaran kontrak yang menyertakan fungsi recovery token. Celah ini dimanfaatkan pengembang untuk memulihkan dana pengguna ke dompet mereka.

Rug pull ditargetkan pada pool2 yang berisi semua dana yang dicuri. Sementara itu, penyedia non-native liquidity dalam kondisi aman.

Berapa Kerugian atas Rug Pull?

Pelaku dibalik rug pull telah menghasilkan 85 ETH dengan membuang mint di pool LP ARBI/USDC dan melupakan pool ARBI/WETH. Tindakan ini memungkinkan bot arbitrase memperoleh $112.000 untuk pool2 farmers.

Meskipun terkena serangan peretasan, dana yang disimpan oleh para pengguna pada kontrak awal dengan akhiran 392B4 tetap aman.

Apa yang Harus Dilakukan Pengguna?

Para pengguna dapat melakukan interaksi langsung dengan kontrak tersebut untuk menarik dana mereka dan mencabut izin akses agar aset mereka tetap aman.

Bagi para pengguna yang telah menjadi korban eksploitasi rug pull oleh pengembang, disarankan menggunakan alamat router, untuk menghapus likuiditas mereka.

Rugdoc juga menginstruksikan pengguna untuk segera menarik aset mereka dan mencabut hak terkait dari ArbiSwap.

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.