3 Altcoin yang Jadi Incaran Whales Kripto Pekan Ini

Anggita Hutami

20th July, 2023

Pasar kripto mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam pekan ini. Pertumbuhan ini ditandai oleh peningkatan kapitalisasi pasar kripto sebesar 2,54%. Selain itu, dominasi Bitcoin (BTC) juga mengalami peningkatan sebesar 50% pekan ini.

Pertumbuhan Altcoin

Selain itu, terjadi pertumbuhan sebesar 5% pada pasar altcoin karena banyak investor besar, atau yang sering disebut “whales“, mulai meningkatkan kepemilikannya pada altcoin, seperti Optimism (OP), Arbitrum (ARB), dan Synthetix (SNX).

Pertumbuhan ini terutama dipicu oleh kemenangan yang diraih Ripple Labs dalam persidangan melawan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat. Kemenangan ini telah diputuskan oleh Pengadilan Distrik Selatan New York sejak Jumat (14/7).

Jika investor ritel lainnya meniru perdagangan terbaru para whales, kemungkinan besar token-token ini akan mencapai level tertinggi baru dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga: Hakim Putuskan XRP Bukan Sekuritas, Ini Fakta Pentingnya!

Optimism (OP)

Menurut data Santiment, beberapa whales kripto telah meningkatkan kepemilikan token OP. Sebelumnya, rata-rata mereka hanya memiliki seratus juta token OP.

Namun, pada tanggal 15 Juli, mereka berhasil menambahkan sekitar 13,9 juta token OP ke dalam kepemilikan mereka. Dengan harga token OP saat ini yaitu US$1,53, nilai investasi yang baru dilakukan oleh para whales kripto telah tumbuh menjadi US$21 juta.

Akumulasi token Optimism (OP) oleh whales kripto.
Sumber: Santiment

Harga token OP juga mengalami peningkatan 27,8% dalam sepekan. Jumlah investasi yang besar ini menunjukkan bahwa para investor percaya pada potensi pertumbuhan OP.

Optimism adalah salah satu solusi yang dirancang untuk meningkatkan skalabilitas jaringan blockchain Ethereum. Salah satu daya tarik utama dari Optimism adalah mengurangi biaya transaksi bagi pengguna ETH.

Dengan biaya gas yang lebih rendah, pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan aplikasi dan kontrak pintar di jaringan Optimism tanpa perlu khawatir tentang biaya yang mahal.

Baca Juga: Unlock Token Optimism dan SUI Senilai Rp9,7 Triliun Dijadwalkan Pekan Ini!

Arbitrum (ARB)

Menurut data Santiment, whales kripto telah meningkatkan kepemilikan mereka terhadap token ARB sekitar 31 juta dalam periode 13 Juli hingga 19 Juli. Sebelumnya, whales rata-rata memiliki sekitar satu juta hingga sepuluh juta token ARB.

Akumulasi token Arbitrum (ARB) oleh whales kripto.
Sumber: Santiment

Dengan harga token ARB saat ini yaitu US$1,25, nilai investasi yang baru dilakukan oleh para whales kripto telah tumbuh menjadi 38,8 juta. Harga token ARB telah melonjak sebesar 13,5% dalam sepekan terakhir.

Pertumbuhan token ARB menunjukkan bahwa token ini tetap stabil dan tidak terdampak oleh kasus peretasan yang baru-baru ini menimpa Rodeo Finance. Peretasan ini sempat menyebabkan ketidakstabilan dalam ekosistem Arbitrum DeFi.

Arbitrum merupakan protokol Layer 2 (L2) yang dirancang untuk meningkatkan skalabilitas jaringan Ethereum. Salah satu aspek yang menarik dari Arbitrum adalah kemampuannya untuk memberikan kapasitas lebih besar dan biaya transaksi yang lebih terjangkau daripada jaringan utama Ethereum.

Baca Juga: Circle Rilis Stablecoin USDC di Jaringan Arbitrum

Synthetix (SNX)

Pembelian whales kripto berperan penting dalam mendorong kenaikan harga SNX yang sebelumnya bergerak lambat. Menurut data Santiment, whales kripto yang saat ini memegang seratus ribu hingga satu juta token SNX telah menambahkan US$1,8 juta dengan harga US$2,76 per token.

Akumulasi token Synthetix (SNX) oleh whales kripto.
Sumber: Santiment

Harga token SNX mengalami peningkatan 34,5% dalam sepekan terakhir. Dengan harga SNX saat ini yaitu US$2,76, investasi whales kripto telah tumbuh menjadi US$5 juta. Jika whales kripto tetap mempertahankan investasi mereka, token SNX mungkin akan menembus level harga US$3 dalam beberapa hari mendatang.

Synthetix adalah protokol DeFi yang inovatif yang memungkinkan pembuatan dan perdagangan aset sintetis. SNX memungkinkan pengguna untuk menciptakan dan berdagang berbagai aset kripto dan tradisional tanpa harus memiliki aset fisik tersebut.

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.