Hakim Putuskan XRP Bukan Sekuritas, Ini Fakta Pentingnya!

Anggita Hutami

14th July, 2023

Hakim Pengadilan New York, Analisa Torres memutuskan bahwa XRP bukan sekuritas pada Kamis (13/7). Namun, keputusan ini tak serta merta membuat Ripple menang telak dari gugatan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC). Selain itu, ada sejumlah fakta penting yang perlu diketahui dari keputusan tersebut. Apa saja itu? Simak uraiannya di artikel berikut.

Baca Juga: XRP Dinyatakan Bukan Sekuritas, Harga Aset Naik 95%

Batasan XRP Sebagai Sekuritas

Menurut dokumen pengadilan yang diajukan pada Kamis (13/7), hakim Analisa Torres telah memberikan ringkasan penilaian yang mendukung Ripple Labs. Hakim Torres memutuskan bahwa XRP bukanlah sekuritas maupun penjualan kontrak investasi.

XRP dinyatakan legal diperjualbelikan di exchange kripto. Namun, hakim menegaskan jika Ripple Labs terbukti menjual XRP kepada investor institusional, maka XRP akan dianggap sekuritas karena memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Tes Howey.

Keputusan Tidak Berlaku untuk Kripto Lainnya

Meskipun hakim Torres memutuskan bahwa XRP bukanlah sekuritas, keputusan ini tidak berlaku secara otomatis untuk 13 token lain yang telah dinyatakan sebagai sekuritas oleh SEC.

Keputusan hakim Analisa Torres membuat sentimen positif di kalangan investor kripto secara keseluruhan, terutama XRP. Harga XRP diperdagangkan sebesar sempat mencatat kenaikan hampir 95% tak lama usai kabar keputusan tersebar.

SEC Memiliki Batasan di Kripto

Keputusan pengadilan juga menyebutkan bahwa SEC tidak memiliki yurisdiksi tak terbatas atas kripto. Hal ini berdampak positif terhadap pasar kripto diantaranya Bitcoin (3,9%), Solana (32,6%), Lido (29,1%), Cardano (26,9%), PEPE (20,7%), Polygon (18,5%), dan Algorand (15,9%).

Tokoh Kripto Angkat Bicara

Sejumlah tokoh penting dalam industri kripto, seperti Changpeng Zhao, CLO Paradigm Katie Bieber, dan Cameron Winklevoss, angkat bicara tentang dampak kemenangan Ripple Labs dan keputusan pengadilan terhadap perkembangan pasar kripto di masa depan.

CEO Binance Changpeng Zhao turut memberikan ungkapan selamat kepada Ripple Labs atas kemenangan melawan SEC. Komunitas kripto berharap kemenangan serupa dapat dirasakan oleh Binance.

Sementara itu, pendiri Gemini, Cameron Winklevoss, mengungkapkan keputusan hakim yang menyatakan XRP bukanlah sekuritas juga menunjukkan bahwa semua aset kripto yang diperdagangkan di bursa juga tidak dianggap sebagai sekuritas.

Dia menyatakan bahwa Ketua SEC, Gary Gensler, tidak memiliki wewenang untuk mengatur aset kripto. Ia menyoroti pemahaman SEC mengenai industri kripto telah tertinggal.

CLO Paradigm Katie Bieber menyebut penilaian SEC terhadap Ripple tidak akurat dan mungkin memiliki agenda tersembunyi. Katie juga menyoroti pentingnya transparansi yang lebih tinggi dari SEC dalam kasus tersebut.

Baca Juga: Pengamat Sebut Ripple Akan IPO Usai Persidangan dengan SEC!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.