Circle Rilis Stablecoin USDC di Jaringan Arbitrum

Anggita Hutami

9th June, 2023

Circle mengumumkan USDC sudah tersedia di jaringan blockchain Arbitrum mulai 8 Juni. Circle mengubah nama versi USDC yang berjalan di blockchain Ethereum menjadi “USDC.e”, sementara versi yang berjalan di jaringan Arbitrum disebut “USDC”.

Baca Juga: Arbitrum Akan Bagikan 3.000 ETH ke DAO

Keberadaan USDC di Arbitrum

Meningkatkan kecepatan Transaksi

Jaringan Arbitrum diketahui memiliki kecepatan transaksi yang lebih tinggi dan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan jaringan Ethereum.

Dengan menggunakan USDC di Arbitrum, pengguna dapat melakukan transaksi melalui protokol transfer lintas jaringan (CCTP) dengan cepat.

Baca juga: Visa Gunakan USDC dan Blockchain Solana untuk Transaksi Lebih Cepat

Mengurangi Risiko Tunggal dari Permasalahan Jaringan

Keberadaan USDC di beberapa jaringan blockchain mengurangi risiko tunggal yang mungkin dihadapi oleh pengguna jika salah satu jaringan mengalami masalah.

Ketersediaan versi asli USDC di Arbitrum diharapkan dapat meningkatkan likuiditas USDC secara keseluruhan. Circle juga berharap bahwa peluncuran ini dapat meningkatkan aktivitas perdagangan dan penggunaan USDC.

Dalam beberapa waktu terakhir, Circle telah menghadapi beberapa tantangan di pasar stablecoin. Salah satunya ialah tantangan untuk menemukan mitra perbankan baru setelah kebangkrutan Silicon Valley Bank (SVB). Tetapi, Circle telah berhasil menyiasati tantangan ini.

Baca juga: Stablecoin USDC Mulai Pulih Usai Terpapar Krisis Bank Silicon Valley

Didukung Aplikasi Populer

Arbitrum USDC akan didukung oleh banyak aplikasi populer seperti Aave, Balancer Labs, CamelotDEX, GMX.IO, SushiSwap, Trader Joe, Uniswap, dan masih banyak lagi.

USDC dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki koneksi internet. Sebagai bagian dari ekosistem yang berkembang dengan berbagai jaringan blockchain, Arbitrum adalah salah satu dari sembilan blockchain yang mendukung USDC asli.

Menurut Coinmarketcap, USDC diperdagangkan stabil di harga US$1 dengan volume perdagangan sebesar US$2,6 miliar dalam 24 jam terakhir.

Baca Juga: Optix Adakan Trading Produk Opsi Berhadiah 30 Ribu USDC!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.