Arbitrum Akan Bagikan 3.000 ETH ke DAO

Anggita Hutami

12th May, 2023

Arbitrum akan membagikan 3.352 ETH senilai US$6 juta (Rp88,55 miliar) ke DAO. Pemberian aset kripto tersebut berasal dari pendapatan surplus yang dihasilkan oleh biaya transaksi ARB.

Program Distribusi Token

Arbitrum akan mengatur mekanisme distribusi melalui pemicu smart contract secara berkala. Dengan sistem ini, distribusi token dapat diterima tepat waktu.

“Seseorang perlu memicu kontrak pintar dan mendistribusikan hadiah ke DAO (bersama dengan pengembalian dana Sequencer). Kami akan segera memicunya, dan secara berkala di masa depan, untuk memastikan hadiah didistribusikan tepat waktu,” ungkap Arbitrum dalam akun Twitter Rabu (10/5).

Baca Juga: Arbitrum dan Optimism Salip Jumlah Transaksi Harian Ethereum

Rincian Surplus Arbitrum

Arbitrum juga menguraikan berapa banyak surplus yang didapatkan. Semua pengguna di Arbitrum One membayar biaya saat bertransaksi di jaringan. Biaya ini terdiri dari dua bagian, yaitu biaya L1 untuk membayar biaya di jaringan Ethereum dan biaya L2 untuk membayar biaya di jaringan Arbitrum.

Secara total, Arbitrum DAO telah mengumpulkan sekitar 3.352 ETH dalam pendapatan. Selanjutnya, Sequencer yang akan dikembalikan sekitar 5.954 ETH yang merupakan biaya untuk memposting semua data ke jaringan Ethereum.

Adapun, rincian pendapatan Arbitrum sebagai berikut:

  • 582 ETH berasal dari surplus biaya L1.
  • Biaya dasar memberikan pendapatan sekitar 1.308 ETH.
  • Surplus biaya L2 memberikan pendapatan sekitar 1.462 ETH.
  • Total pendapatan sebesar 3.352 ETH telah dihasilkan untuk DAO Arbitrum.

Pemberian surplus ini selanjutnya akan diproses oleh DAO untuk memutuskan berapa banyak yang akan diberikan kepada para pemegang token ARB yang memenuhi syarat.

“Mendistribusikan pendapatan DAO kepada pemegang token ARB adalah langkah logis berikutnya untuk jaringan, karena menyelaraskan insentif komunitas dan memberi ARB tujuan di luar worthless governance token,” ungkap proposal Arbitrum di forum tata kelola.

Performa Arbitrum Lesu

Pengguna Aktif Harian Turun

Jumlah pengguna aktif harian pada platform layer-2 rollup Arbitrum (ARB) mengalami penurunan tajam lebih dari 17% dalam 24 jam terakhir dari level tertinggi dua minggu sebelumnya.

Penurunan ini menimbulkan kekhawatiran tentang berkelanjutan lonjakan pengguna. Grafik pengguna harian gagal mencapai level 300 ribu dan turun menjadi 244 ribu.

Dalam beberapa hari terakhir, aktivitas perdagangan di solusi penskalaan Ethereum tetap stabil karena biaya transaksi mengalami penurunan.

Nilai Total Aset Arbitrum Turun

Menurut L2Beat, nilai total aset yang dipegang oleh Arbitrum saat ini sebesar $5,82 miliar.

Gambar nilai aset yang dipegang oleh Arbitrum. Sumber: L2Beat
Gambar nilai aset yang dipegang oleh Arbitrum. Sumber: L2Beat.

Meskipun mengalami penurunan sebesar hampir 5% dalam seminggu terakhir, Arbitrum masih menjadi salah satu protokol L2 yang paling dominan dengan menyumbang sekitar 66% dari total nilai saham terkunci (TVL).

Harga Token ARB Saat Ini

Penurunan permintaan token ARB tercermin dari pergerakan harga saat ini. Menurut data Coinmarketcap, token ARB dihargai sebesar US$1.09, mencatat penurunan -7,6% dalam satu bulan terakhir.

Baca Juga: Arbitrum Foundation Didesak Kembalikan 700 Juta Token ARB ke Komunitas!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.