Chat Karyawan Binance Bocor ke Publik, CZ Beri Peringatan!

Anggita Hutami

9th June, 2023

Percakapan karyawan Binance bocor di media sosial, log percakapan itu pertama kali diunggah oleh Wakil Kepala Operasional SBT Partner, Adam Cochran, di akun Twitter miliknya (7/6/23).

Cochran mendapatkan dokumen itu melalui Public Access to Court Electronic Records (PACER). Ia mengatakan masih ada 80 dokumen lainnya yang membahas mengenai penyalahgunaan dana yang dilakukan oleh Binance.

Baca Juga: Binance US Stop Penarikan dan Deposit USD Pekan Depan

Isi Percakapan Mantan Karyawan Binance

Membuang Token BNB

Dalam log percakapan yang terjadi pada Desember 2018 terdapat percakapan antara Sam Lin, mantan lead compliance Binance dan Alvin, mantan kepala pengembangan bisnis Binance.

Percakapan mereka membahas soal rencana untuk mengambil keuntungan dari token BNB sebelum harganya merosot. Lin juga mengungkapkan bahwa BNB direncanakan hanya bertahan selama dua tahun, kemudian akan ditinggalkan. Bahkan, Lin juga mengakui bahwa Binance adalah pertukaran sekuritas tidak terdaftar di Amerika Serikat.

Upaya Hindari Regulasi

Dalam percakapan itu, Lin juga membahas alasan mengapa banyak orang enggan menandatangani laporan Office of Foreign Assets Control (OFAC). Menurutnya, imbalan dan risiko yang ditanggung dari menandatangani dokumen itu tidak sepadan.

Dalam percakapan itu, Lin mengatakan bahwa “CS”, yang merujuk CEO Binance Changpeng Zhao (CZ), mengajarkan orang-orang untuk menghindari prosedur dan memprioritaskan keberlangsungan bisnis dibandingkan regulasi.

Lim juga menjelaskan bagaimana suatu entitas dapat bergabung sebagai klien di Binance AS, tetapi secara diam-diam diizinkan untuk berdagang di pertukaran internasional Binance.com melalui “pengaturan khusus,” yang “pasti akan disetujui oleh CZ.”

Baca Juga: Harga Bitcoin dan BNB Anjlok Usai SEC Tuntut Binance

Tanggapan Changpeng Zhao

Changpeng Zhao, mengklarifikasi bahwa sebelumnya dia tidak pernah melihat percakapan karyawan, ini adalah pertama kalinya dia melihat log itu. Zhao mengimbau karyawan untuk berhati-hati terhadap permintaan penyelidik yang ingin mengakses log percakapan.

“Semua yang Anda katakan bisa berakhir di pengadilan (atau di internet) suatu hari nanti,” tulisnya kepada karyawan, mengutip Odaily News.

Menurutnya, SEC sangat konyol karena telah menggunakan log percakapan itu sebagai bahan gugatan. Zhao mengatakan bahwa ia akan membiarkan pengacara mengurusnya.

Zhao mengatakan bahwa karyawan yang tidak puas bekerja di Binance harus mempertimbangkan dengan serius pilihan karir mereka.

Baca Juga: Binance Lakukan PHK, Changpeng Zhao Beri Klarifikasi

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.