Token Sisa Airdrop Arbitrum Senilai Rp880 Miliar Diberikan ke Kas DAO

Anggita Hutami

27th September, 2023

Arbitrum Foundation memutuskan untuk memberikan sisa airdrop token ARB yang tidak diklaim ke perbendaharaan komunitas mereka.

Baca Juga: Harga Token ARB Melonjak Usai 3 Transaksi Whales!


Enam Persen Pengguna Tidak Klaim Airdrop ARB

Pada bulan Maret, Arbitrum Foundation sukses menyelenggarakan airdrop. Sebanyak 42 juta token ARB telah diklaim oleh 23.000 pengguna hanya beberapa jam setelah acara dimulai.

Peserta airdrop yang lolos persyaratan dapat mengklaim token ARB hingga blok Ethereum 18208000, tepatnya pada Minggu (24/9). Menurut Dune Analytics, sekitar 583.138 alamat atau sekitar 93,3% pengguna berhasil mengklaim token ARB. Dengan kata lain, ada sekitar 6% pengguna yang tidak mengklaim token hasil airdrop-nya.

Namun, terdapat beberapa token ARB yang tidak diklaim. Sebagai alternatif, token tersebut dialihkan ke dalam cadangan kas komunitas Arbitrum DAO.

Keputusan ini didasari hasil pemungutan suara proposal komunitas (AIP-7). Sebanyak 99,96% anggota DAO mendukung keputusan untuk mentransfer token airdrop yang tidak diklaim ke alamat Perbendaharaan DAO. Keputusan ini dinilai lebih bermanfaat dibandingkan membiarkan token-token tersebut terkunci tanpa batas waktu.

Arbitrum Foundation mentransfer 69 juta token ARB yang tidak diklaim saat airdrop ke cadangan kas komunitas DAO-nya pada Minggu (24/9). Setelah transfer token, cadangan kas Arbitrum DAO sekarang memegang ARB senilai lebih dari US$2,9 miliar, jika dirupiahkan totalnya mencapai Rp880,9 miliar.

DAO Optimism Pilih Bagikan Token Sisa ke Pengguna

Keputusan yang dipilih oleh komunitas DAO Arbitrum berbanding terbalik dengan yang dilakukan oleh komunitas Optimism DAO. Optimism (OP) baru-baru ini mengumumkan rencana untuk mendistribusikan sisa token airdropnya kepada pengguna yang memenuhi syarat dari airdrop awal mereka pada Juni 2022.

Optimisme juga telah meluncurkan airdrop ketiga khusus untuk anggota tata kelola mereka, yang mengalokasikan sekitar 19,4 juta token OP senilai US$24 juta kepada total 31.870 alamat. Jumlah token OP yang tidak diklaim mencapai 22,09% dari yang disediakan.

Ada dua alasan mengapa banyak token airdrop yang tidak diklaim. Pertama, beberapa orang mungkin tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang informasi dan jadwal airdrop yang terperinci. Kedua, ada kemungkinan bahwa sebagian orang kehilangan akses ke dompet kripto mereka.

Baca Juga: Chibi Finance di Arbitrum Rug Pull, Token Anjlok 98%

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.