SEC Tunda Keputusan ETF Bitcoin GlobalX dan ARK 21Shares

Anggita Hutami

27th September, 2023

Penantian panjang keputusan ETF Bictoin belum berakhir. Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS kembali menunda keputusan pengadaan ETF Bitcoin. Sikap SEC yang seringkali mengulur keputusan mendapatkan kritik dari anggota Kongres AS.


SEC Kembali Tunda Keputusan ETF Bitcoin

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS menunda keputusan pengadaan ETF Bitcoin yang diajukan oleh ETF GlobalX dan Ark 21Shares.

SEC seharusnya telah memberikan keputusan mengenai pengadaan ETF Bitcoin Global X pada 7 Oktober dan ETF Bitcoin ArkInvest/21Shares pada 11 November. Namun, SEC baru-baru ini mengumumkan tenggat waktu baru untuk keputusan ETF Bitcoin pada 10 Januari 2024.

Penundaan keputusan diduga berkaitan dengan potensi penutupan pemerintah federal (shutdown) yang akan diputuskan pada 30 September mendatang.

Baca Juga: Amerika Serikat Terancam Shutdown, Apa Dampaknya untuk Kripto?

4 Anggota Kongres AS Desak SEC ETF Bitcoin Spot

Sejumlah anggota partai politik di AS menyampaikan pandangan mereka terkait penundaan keputusan ETF Bitcoin yang dilakukan oleh SEC. Pandangan tersebut disampaikan melalui surat bipartisan yang ditandatangani oleh perwakilan Tom Emmer, Mike Flood, Ritchie Torres, dan Wiley Nickel.

Poin utama yang disorot dalam surat tersebut adalah pentingnya memiliki regulasi yang jelas. Anggota Kongres berargumen ketiadaan ETF Bitcoin spot telah mendorong investor untuk mencari eksposur melalui cara-cara ilegal yang lebih berisiko. Dengan persetujuan ETF Bitcoin spot, maka ada kerangka peraturan yang jelas.

“Kami menulis untuk memastikan Securities and Exchange Commission (SEC) tidak terus mendiskriminasi produk yang diperdagangkan di bursa bitcoin spot (ETP),” kata surat itu. “SEC bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk yang sesuai dengan perlindungan investor tersedia untuk investor,” pernyataan dalam surat tersebut.

Analis Ungkap Efek Domino dari Penundaan

Analis Bloomberg, James Seyffart mengatakan penundaan keputusan ETF Bitcoin untuk dua institusi akan berimplikasi pada keputusan SEC terhadap pengajuan ETF Bitcoin lainnya.

Baca Juga: Analis Bloomberg Prediksi ETF Bitcoin Spot Bakal Disetujui SEC

Dengan kata lain, pengajuan ETF Bitcoin oleh perusahaan seperti BlackRock, Bitwise, VanEck, Invesco, Wisdomtree, dan Fidelity & Valkyrie, juga terancam ikut tertunda.

Selain itu, penundaan keputusan yang dilakukan SEC secara berulang-ulang berpotensi menurunkan ekspektasi pasar terhadap ETF Bitcoin.

Baca Juga: Analis Ini Yakin Bitcoin Bullish Jika ETF Bitcoin BlackRock Disetujui

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.