Analis Bloomberg Prediksi ETF Bitcoin Spot Bakal Disetujui SEC

Analis ETF dari Bloomberg, Eric Bachunas, memperkirakan bahwa peluang disetujuinya pengajuan ETF Bitcoin spot akan semakin tinggi menjelang akhir tahun 2023. Hal ini disampaikan melalui platform X miliknya pada Rabu (30/8).

Pendapat Analis ETF dari Bloomberg Eric Bachunas terkait ETF Bitcoin melalui platform X pada Rabu 30 Agustus 2023.
Gambar: Pendapat analis ETF dari Bloomberg Eric Bachunas terkait ETF Bitcoin melalui platform X pada Rabu 30 Agustus 2023.

Sebelumnya, ia memperkirakan bahwa peluang disetujuinya ETF Bitcoin spot hanya sebesar 65%. Namun, ia meningkatkan peluang tersebut menjadi 75% pada akhir 2023.

“Kemungkinan SEC menyetujui spot ETF Bitcoin tahun ini telah meningkat dari 75% dari 65% setelah kemenangan pengadilan Grayscale, kami percaya, sementara kemungkinan pada akhir 2024 mencapai 95%,” kata para analis dari Bloomberg.

Dalam lima hari mendatang, SEC akan membuat keputusan mengenai tujuh pengajuan ETF Bitcoin spot putaran pertama. Pengajuan-pengajuan ETF Bitcoin pada putaran pertama diantaranya dari Bitwise, BlackRock, VanEck, Fidelity, Invesco, Wisdomtree, dan Valkyrie.

Eric Balchunas mengatakan bahwa dia tidak akan terkejut jika SEC memutuskan untuk menunda keputusan terkait pengajuan ETF Bitcoin spot.

Baca Juga: 6 Proposal ETF Bitcoin Spot Masuk Tahap Peninjauan SEC

Peluang Persetujuan Bisa Meningkat 95%

Sementara itu, analis ETF dari Bloomberg lainnya, James Seyffart menambahkan, persetujuan ETF Bitcoin spot kemungkinan akan dilakukan pada kuartal keempat tahun 2024. Ia memperkirakan peluang disetujuinya ETF Bitcoin menjadi 95%.

James mengungkapkan dua skenario terkait tindakan SEC terhadap ETF Bitcoin spot. Pertama, SEC mengizinkan perubahan GBTC menjadi ETF Bictoin spot karena keputusan pengadilan sebelumnya menyatakan bahwa tidak masuk akal untuk membahas manipulasi pasar tetapi di sisi lain SEC telah mengizinkan ETF Bitcoin berjangka.

Pendapat Analis ETF dari Bloomberg James Seyffart terkait ETF Bitcoin melalui platform X pada Selasa 29 Agustus 2023.
Gambar: Pendapat Analis ETF dari Bloomberg James Seyffart terkait ETF Bitcoin melalui platform X pada Selasa 29 Agustus 2023.

Namun, ada juga skenario kedua dimana SEC akan menolak dengan alasan yang belum pernah digunakan sebelumnya, hal ini mungkin berkaitan dengan aspek kustodian Bitcoin.

Kronologi SEC vs Grayscale

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) menolak pengajuan Grayscale Investment untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menjadi ETF Bitcoin spot pada Juni 2022.

Baca Juga: ETF Bitcoin Spot Grayscale Ditolak! SEC Beri Harapan Palsu

SEC menganggap GBTC tidak cukup aman dari penipuan dan manipulasi. Tak puas dengan keputusan SEC, Grayscale mengajukan upaya banding kepada pengadilan pada bulan yang sama.

Pada 29 Agustus 2023, Hakim Pengadilan Banding Distrik Kolombia, Neomi Rao, memutuskan bahwa SEC harus meninjau ulang permintaan Grayscale untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menjadi ETF Bitcoin spot. Hakim Neomi mengatakan bahwa penolakan SEC terhadap proposal Grayscale tidak didasari alasan yang kuat.

“Penolakan proposal Grayscale itu sewenang-wenang dan berubah-ubah karena Komisi gagal menjelaskan perlakuannya yang berbeda terhadap produk serupa,” tulis Hakim Neomi Rao dalam pendapat pengadilan.

Baca Juga: Grayscale Ajukan Gugatan ke SEC Terkait Penolakan ETF Bitcoin!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.