6 Proposal ETF Bitcoin Spot Masuk Tahap Peninjauan SEC

Anggita Hutami

20th July, 2023

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat telah menerima enam proposal ETF Bitcoin spot untuk ditinjau lebih lanjut. Keputusan ini diumumkan melalui situs resmi Federal Register pada Rabu (19/7).

6 Perusahaan Masuk Tahap Seleksi ETF Bitcoin Spot

Pengajuan perizinan layanan ETF Bitcoin spot dari beberapa perusahaan telah dipublikasikan dalam situs resmi Federal Register pada Rabu (19/7).

Proposal tersebut akan melewati proses peninjauan oleh SEC selama delapan bulan. Keputusan akhir mengenai ditolak atau diterimanya pengajuan tersebut akan diumumkan pada Maret 2024.

Dari delapan proposal yang diajukan, hanya enam yang diterima oleh SEC untuk masuk ke tahap peninjauan. Enam perusahaan yang berhasil masuk ke dalam tahap seleksi adalah BlackRock, Fidelity, Invesco/Galaxy, VanEck, WisdomTree, dan Bitwise.

SEC Sempat Menangguhkan Proposal ETF Bitcoin Spot

Sebelumnya, SEC telah menangguhkan pengajuan proposal ETF Bitcoin spot dari beberapa perusahaan dan pertukaran kripto. Alasan penangguhan tersebut adalah karena SEC menyatakan bahwa pengajuan sebelumnya tidak memenuhi standard perlindungan investor yang diperlukan.

BlackRock pertama kali mengajukan ETF Bitcoin spot pada Jumat (16/6). Namun, proposal tersebut sempat ditangguhkan oleh SEC dengan alasan kurang terpenuhinya persyaratan kesepakatan pembagian pengawasan. Kemudian, BlackRock mengajukan kembali ETF Bitcoin spot pada Selasa (4/7). Kemudian, perusahaan-perusahaan lain mengikuti jejak BlackRock untuk mengajukan ulang proposlanya.

Baca Juga: Fidelity, VanEck, Invesco Ajukan Ulang ETF Bitcoin Spot ke SEC

ETF Bitcoin Spot di Eropa

Sementara itu, ETF Bitcoin spot di Eropa yang secara resmi telah mendapatkan izin ialah Jacobi Asset Management. Jacobi akan meluncurkan ETF Bitcoin spot dengan ticker BCOIN di Euronext Amsterdam Exchange pada Juli 2023. Namun, pihak Jacobi belum mengumumkan tanggal pasti peluncuran.

Baca Juga: BCOIN Akan Jadi ETF Bitcoin Spot Pertama di Eropa!

Di sisi lain, ETF Bitcoin berjangka yang sudah lebih dulu disetujui pada Oktober 2021. Momentum ini sempat mendorong harga Bitcoin (BTC) ke ATH US$69.000 pada November 2021.

Baca Juga: SEC Izinkan BITX sebagai ETF Bitcoin Leverage Pertama di Amerika Serikat!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.