SEC Izinkan BITX sebagai ETF Bitcoin Leverage Pertama di Amerika Serikat!

Anggita Hutami

26th June, 2023

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) telah mengizinkan ETF Bitcoin dengan leverage pertama di Amerika Serikat pada Jumat (23/6).

ETF Bitcoin yang ditawarkan oleh Volatility Shares diberi nama “2x Bitcoin Strategy ETF” (BITX) dan akan mulai diperdagangkan di Chicago Board Options Exchange (CBOE) pada Selasa (27/6).

ETF Bitcoin BITX dirancang untuk memberikan eksposur leverage dua kali lipat terhadap harga Bitcoin. ETF Bitcoin ini dapat memberikan potensi keuntungan lebih besar dengan risiko yang lebih tinggi.

ETF Bitcoin ini mengikuti kinerja harian dari S&P CME Bitcoin Futures Daily Roll Index. Regulator mengkategorikan ETF Bitcoin sebagai kelas aset sekuritas.

ETF Bitcoin Spot Belum Disetujui

Volatility Shares Trust mengajukan dokumen Formulir 8-A kepada SEC pada Jumat (23/6). Dokumen diajukan sebagai bentuk kesiapan perusahaan untuk memfasilitasi ETF Bitcoin.

Beberapa perusahaan keuangan, termasuk Blackrock dan Wisdom Tree, juga diketahui telah mengajukan izin untuk memperdagangkan ETF Bitcoin spot, namun belum ada kesepakatan untuk produk spot.

Baca Juga: BlackRock Ajukan Spot ETF Bitcoin, Bullish Bagi Bitcoin?

Investor kripto yang juga bagian dari komunitas Twitter membagikan pandangannya terkait ETF Bitcoin. Oliver Velez menyampaikan empat alasan mengapa regulator cenderung lebih memprioritaskan ETF Bitcoin berbasis futures daripada perdagangan spot.

Pertama, ketersediaan pasar berjangka sudah lebih matang dikarenakan pasar berjangka Bitcoin telah ada lebih lama dan memiliki likuiditas yang lebih tinggi. Hal ini membuat regulator lebih mudah menilai risiko dan stabilitas pasar.

Kedua, setiap komoditas di AS memiliki ETF berjangka terlebih dahulu sebelum ETF spot, termasuk emas. Ketiga, persetujuan peraturan untuk spot lebih kompleks dan memakan waktu. Keempat, penerapan pajak di pasar berjangka sudah lebih baik.

Reaksi terhadap Harga BTC dan Altcoin

Pengumuman disetujuinya Bitcoin ETF dengan leverage ini memberikan dampak positif terhadap pasar kripto secara keseluruhan.

Harga BTC sempat menyentuh US$31.317 pada Jumat malam (23/6) dan naik lebih dari 14% dalam sepekan. Selain itu, beberapa kripto yang terkait dengan Bitcoin juga mengalami peningkatan nilai yang signifikan. Misalnya, Bitcoin Cash mencatat kenaikan sebesar 80,8%, sementara Wrapped Bitcoin mengalami kenaikan sebesar 14,5%.

Bitcoin Cash (BCH) adalah hasil hard fork Bitcoin pada 2017. BCH memiliki perbedaan dengan Bitcoin, termasuk ukuran blok yang lebih besar.

Wrapped Bitcoin (WBTC) adalah token Ethereum yang mewakili Bitcoin untuk digunakan dalam ekosistem DeFi.Beberapa altcoin lainnya juga mencatat kenaikan yang signifikan.

DOT mengalami kenaikan sebesar 12%, ADA naik sebesar 9,6%, ETH naik sebesar 9%, dan SOL mengalami kenaikan sebesar 7,8%.Baca Juga: Curi Perhatian, Bitcoin Cash Melonjak 85% dalam Sepekan!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.