Sektor DeFi Bergerak Positif, TVL dan Market Cap Naik!

Anggita Hutami

26th June, 2023

Pasar keuangan terdesentralisasi (DeFi) mengalami pertumbuhan dalam beberapa waktu terakhir. Kapitalisasi pasar dan Total Value Locked (TVL) di DeFi mengalami peningkatan menurut Defillama.

Baca Juga: 7 Token DeFi Populer 2023

Peningkatan Kapitalisasi Pasar DeFi

Menurut data dari Coingecko, kapitalisasi pasar token DeFi telah tumbuh sebesar 15,20% dalam sepuluh hari terakhir. Pada tanggal 15 Juni, kapitalisasi pasar token DeFi hanya sebesar US$41,52 miliar, tetapi pada tanggal 26 Juni, angka tersebut meningkat menjadi US$47,84 miliar.

Gambar: Kapitalisasi pasar token DeFi
Sumber: Coingecko

Peningkatan kapitalisasi pasar DeFi menunjukkan adanya pertumbuhan dalam ekosistem ini dan menawarkan potensi keuntungan bagi para investor.

Peningkatan TVL

Data dari Defillama juga menunjukkan bahwa TVL dalam protokol DeFi telah meningkat sebesar 8,71% dalam sepuluh hari terakhir. Pada tanggal 15 Juni, TVL protokol DeFi mencapai US$41,1 miliar, dan pada tanggal 26 Juni, angkanya meningkat menjadi US$44,68 miliar.

Data Total Nilai Dikunci (TVL) pada protokol DeFi.
Sumber: Defillama

Peningkatan TVL ini menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan dari para investor terhadap proyek-proyek DeFi dan jumlah deposito yang masuk ke dalam kontrak pintar.

Token Asli DeFi

Kelas aset DeFi rata-rata telah mengalami kenaikan dua digit dalam sepekan terakhir. Beberapa token asli DeFi yang telah mengalami kenaikan dua digit di antaranya adalah Compound (30,2%), Aave (28,6%), Uniswap (21,7%), Synthetix (19%), DYDX (16,6%), dan Pancakeswap (10,7%).

Baca Juga: Cara Membuat Token Kripto dengan Mudah!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.