Grayscale Ajukan Gugatan ke SEC Terkait Penolakan ETF Bitcoin!

Anggita Hutami

29th July, 2023

Manajer aset kripto Grayscale mengajukan gugatan terhadap Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) untuk segera menyetujui seluruh pengajuan ETF Bitcoin spot. Gugatan ini diajukan Grayscale melalui agensi hukum DavisPolk pada Kamis (27/7).

Dalam gugatan tersebut, Grayscale menuntut SEC untuk menerima semua pengajuan ETF Bitcoin. Menurut Grayscale, apabila SEC hanya menyetujui sebagian ETF Bitcoin maka hanya menguntungkan perusahaan-perusahaan tertentu, yang mana ini dinilai tidak adil.

Baca Juga: 6 Proposal ETF Bitcoin Spot Masuk Tahap Peninjauan SEC

Grayscale Sempat Ajukan ETF Tetapi Ditolak

Sebelumnya, Grayscale telah mengajukan permohonan untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menjadi ETF pada bulan Mei 2023, tetapi upaya ini ditolak oleh SEC. Di kemudian hari, SEC justru menyetujui beberapa ETF Bitcoin berbasis futures.

Grayscale merespons penolakan tersebut dengan mengajukan gugatan terhadap SEC sejak Juni 2022. Kemudian, gugatan itu kembali diperbarui pada Kamis (27/7).

Grayscale merupakan salah satu pengelola dana Bitcoin terbesar di dunia, yaitu GBTC. GBTC telah menjadi platform populer bagi investor institusional untuk mendapatkan eksposur ke Bitcoin tanpa perlu memegang aset secara langsung.

Meskipun GBTC telah lama diperdagangkan dengan diskon besar terhadap nilai dasar bitcoin, baru-baru ini diskon tersebut menyempit setelah aplikasi BlackRock untuk ETF spot bitcoin.

Baca Juga: ETF Bitcoin Spot Grayscale Ditolak! SEC Beri Harapan Palsu

SSA Seharusnya Bukan Syarat Tunggal dalam Pengajuan ETF Bitcoin

Kepala Petugas Hukum Grayscale, Craig Salm, menekankan bahwa Grayscale tidak meyakini bahwa perjanjian berbagi pengawasan (surveillance sharing agreements/SSA) dengan pasar bitcoin spot adalah solusi tunggal untuk mendapatkan persetujuan ETF bitcoin spot. Kendati demikian, Grayscale terus mendukung upaya apapun yang memungkinkan investor mengakses ekosistem kripto.

“Kami memuji semua kemajuan yang membawa lebih banyak pengawasan ke pasar kripto terpusat. Kami juga akan mengambil tindakan apa pun yang diperlukan untuk mengubah GBTC menjadi ETF,” ungkap Craig Salm.

Baca Juga: Mengenal Reksadana Bitcoin Melalui Grayscale Bitcoin Trust

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.