Sequoia Capital Perkecil Skala Bisnis Kripto Hingga 66%

Anggita Hutami

28th July, 2023

Perusahaan modal ventura, Sequoia Capital, dilaporkan telah memperkecil skala bisnisnya di sektor kripto. Sebelumnya, Sequoia Crypto Fund memiliki kapitalisasi modal sebesar US$585 juta, kini menjadi US$200 juta dengan penurunan sebesar 66%.

Menurut laporan Wall Street Journey pada Kamis (27/7), Sequoia Capital kini sedang menyesuaikan perubahan kondisi pasar kripto yang sedang mengalami tren bearish.

Alasan lain di balik pemangkasan ini adalah untuk menurunkan ambang batas modal untuk mengurangi hambatan bagi investor yang ingin berpartisipasi dalam penawaran dana dari Sequoia.

Dilansir dari Financial Times, perwakilan Sequoia mengatakan akan lebih fokus pada permodalan untuk mendukung startup tingkat awal. Selain itu, mereka berupaya untuk menjaga likuiditas mitra eksklusifnya.

“Kami melakukan perubahan ini untuk lebih memfokuskan pada peluang tahap awal dan untuk memberikan likuiditas kepada mitra terbatas kami,” kata Sequoia, mengutip laporan Financial Times.

Baca Juga: Investasi Venture Capital ke Kripto Turun, Kalah Saing dengan AI!

Investasi Modal Ventura Catat Penurunan

Sequoia Crypto Fund diluncurkan pada Februari 2022, saat kapitalisasi pasar kripto berkisar di angka US$1,7 triliun – US$2 triliun. Kapitalisasi pasar kripto telah turun 41% sejak Sequoia Crypto Fund diluncurkan.

Selain itu, investasi modal ventura mencatat penurunan sebesar 29,7% pada bulan Juni. Arus masuk modal ventura juga mencatat penurunan sebesar 77,7% dalam satu tahun terakhir, menurut data per Juni 2023. Penurunan persentase pada sektor modal ventura  disebabkan oleh pergeseran minat ke ranah kecerdasan buatan (AI).

Baca Juga: Ini Sektor Crypto Pilihan Perusahaan Modal Ventura!

2 Perusahaan Modal Ventura Lain Berhasil Dapatkan Funding

Meskipun kondisi pasar kripto sedang dalam tren bearish, tetapi mayoritas perusahaan modal ventura tidak mengurangi portofolio kripto mereka. Sebanyak 62 transaksi terpisah berhasil mengumpulkan dana sebesar US$779,32 juta.

Baru-baru ini, Polychain Capital dan Coinfund masing-masing berhasil mengumpulkan dana sebesar US$200 juta dan US$152 juta untuk investasi pada awal bulan Juni.

Baca Juga: Aave Berhasil Kumpulkan Rp368 Miliar Investasi Modal Ventura

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.