Hakim Tolak Permintaan SEC Inspeksi Software Binance.US

Anggita Hutami

19th September, 2023

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), meningkatkan skala gugatannya kepada BAM Trading Services yang beroperasi sebagai Binance.US. SEC meminta izin untuk mengakses software Binance.US karena exchange itu dinilai tidak kooperatif.

Baca Juga: 4 Faktor Ini Perkuat Dugaan Binance.US akan Tutup Operasional

SEC Minta Akses ke Software Binance.US

Pada Senin (11/9), SEC meminta kepada hakim federal untuk mengizinkan pihaknya mendapatkan akses langsung ke software Binance.US. SEC menganggap permintaannya sebagai tindakan yang perlu karena selama persidangan, Binance.US dinilai tidak kooperatif.

SEC memiliki perhatian khusus untuk menggali informasi lebih lanjut mengenai kustodian aset pelanggan di Binance US. SEC menganggap perlu melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait potensi keterkaitan Binance.US dengan Binance global.

Baca juga: SEC Minta Pengadilan Bekukan Aset Binance US

Binance US Menolak Permintaan SEC

Binance.US pun dengan tegas menolak gugatan SEC itu dengan mengajukan mosi perlindungan di hari yang sama. Lewat mosi ini exchange itu dengan tegas meminta informasi rahasia hanya bisa diakses jika ada perjanjian resmi. Mosi ini juga diajukan sebagai bentuk perlindungan Binance.US pada pelanggan.

Pengacara mengungkapkan keberatan BAM terhadap permintaan yang dianggap “duplikatif”, termasuk dokumen yang tidak lagi relevan dalam sistem data aktif BAM.

Mereka berpendapat bahwa beberapa dokumen yang diminta oleh SEC dilindungi oleh hak istimewa pengacara-klien, sementara yang lain berisi rahasia perusahaan atau informasi pribadi tentang karyawan saat ini atau mantan karyawan BAM. Oleh karena itu, BAM Trading tidak diwajibkan untuk memberikan dokumen-dokumen ini kepada SEC.

Baca Juga: Binance.US Sebut Siaran Pers SEC Membingungkan Investor!

Keputusan Hakim

Hakim Faruqui memutuskan menolak permintaan SEC untuk mengakses perangkat lunak Binance US pada Senin (18/9). Dalam persidangan, dia menyatakan untuk “tidak mengizinkan inspeksi pada saat ini.”

Sebagai alternatif, hakim Faruqi mengusulkan agar SEC mengajukan permintaan yang lebih spesifik untuk penemuan informasi dan melakukan wawancara dengan berbagai saksi yang lebih luas.

Baca Juga: Binance Diduga Alirkan Rp178 Triliun Dana Pelanggan ke Perusahaan CZ

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.