Transaksi Harian BASE Coinbase Kalahkan Ethereum

Anggita Hutami

19th September, 2023

Blockchain layer dua Coinbase, yang dikenal sebagai Base, berhasil mengungguli kinerja blockchain Ethereum dan Optimism dalam jumlah transaksi per hari.

Baca Juga: Layer-2 Base Jadi Tempat Meme Coin Baru, Token BALD Naik Dua Ribu Persen!

Nilai Transaksi di Jaringan Base

Nilai transaksi pada blockchain Base mencatat level tertingginya pada Kamis (14/9) yakni 1,88 juta transaksi per hari. Jumlah transaksi ini lebih tinggi dibandingkan dua blockchain layer dua lainnya yakni Arbitrum (780.000) dan Optimism (370.000) dalam periode waktu yang sama.

Gambar: Nilai Transaksi Harian Jaringan Base. Sumber: Basescan

Namun, saat ini per Selasa (19/9), nilai transaksi harian di jaringan Base telah turun ke angka 1,35 juta transaksi dengan total value locked (TVL) sebesar US$543 juta.

Gambar: Jumlah aktivitas transaksi per detik di proyek Layer2. Sumber: L2Beat.

Saat ini, kecepatan transaksi di jaringan Base sebesar 15,15 transaction per second (tps), angka ini masih lebih tinggi dibandingkan dengan Ethereum yang memproses transaksi 11,34 transaction per second (tps).

Baca juga: NFT Coca-Cola Hadir di Jaringan Base Coinbase!

Kenaikan Aktivitas Pengguna di Platform Friend.tech

Menurut Kepala Penelitian di IntoTheBlock, Lucas Outumuro, lonjakan nilai transaksi di jaringan Base disebabkan oleh meningkatnya jumlah transaksi di platform Friend.Tech.

Platform media sosial terdesentralisasi Friend.tech, yang beroperasi di atas jaringan Base, mencatat rekor nilai transaksi baru, yakni 529.000 transaksi.

“Menariknya, itu bukan aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) atau marketplace NFT yang mendorong lonjakan aktivitas Base. Sebaliknya, sebagian besar penggunaan dapat dikaitkan dengan aplikasi sosial baru, FriendTech,” kata Lucas Outumuro, kepala penelitian di IntoTheBlock.

Peningkatan penggunaan platform Friend.tech dipengaruhi oleh spekulasi adanya airdrop token Friend.tech, yang diperkirakan syaratnya adalah melakukan transaksi di platform tersebut.

Friend.Tech adalah platform sosial terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk memperoleh dan berdagang saham tokenik yang terhubung dengan pencipta dan pengaruh.

Friend.Tech mengalami fluktuasi penggunaan yang signifikan selama bulan Agustus setelah mengalami periode awal yang sangat populer.

Menurut data Dune Analytics, jumlah transaksi harian platform Friend.tech telah menurun tajam sebesar 96% dari angka tertingginya sebesar 525.000 pada 21 Agustus menjadi 18.000 pada akhir bulan Agustus.

Baca Juga: Mengenal Friend.tech, Platform Sosial Finance Baru di Jaringan Base

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.