Gary Gensler Kecewa dengan Putusan Hakim dalam Kasus Ripple

Anggita Hutami

18th July, 2023

Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat, Gary Gensler mengungkapkan rasa kekecewaannya terhadap keputusan pengadilan distrik dalam kasus Ripple. Hal ini disampaikannya dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh National Press Club pada Senin (17/7) di Washington DC.

“Kami senang dengan keputusan itu mengakui pentingnya melindungi investor pada investor institusional. Sementara kecewa dengan apa yang mereka katakan tentang investor ritel, kami masih melihatnya dan menilai pendapat itu,” ungkap Ketua SEC Gary Gensler.

Baca Juga: Hakim Putuskan XRP Bukan Sekuritas, Ini Fakta Pentingnya!

Ripple berhasil meraih kemenangan dalam persidangan melawan SEC pekan lalu (14/7). Hakim Analisa Torres memutuskan bahwa penjualan XRP secara terprogram di pertukaran bukan sekuritas. Hal ini bertentangan dengan apa yang diyakini oleh SEC selama dua tahun ini.

Namun, di sisi lain, Gary sependapat dengan pernyataan hakim yang mengatakan bahwa penjualan token XRP kepada investor institusional dapat dikategorikan sebagai sekuritas. Namun kenyataannya hingga saat ini XRP belum terbukti menjual XRP kepada investor institusional.

Selain itu, wartawan juga menanyakan tentang paradigma yang menyatakan bahwa SEC lebih sering menggunakan tindakan hukum melalui gugatan terhadap perusahaan-perusahaan kripto daripada memberikan kejelasan hukum yang pasti.

Menjawab hal itu, Gary mengatakan bahwa SEC telah mengeluarkan beberapa aturan, termasuk lisensi “pemberitahuan dan komentar aturan” serta lisensi “broker-dealer tujuan khusus”.

Baca Juga: SEC Miliki Kesempatan Banding Lawan Ripple Labs, Ini Tanggapan Pengamat

Tanggapan Gary Gensler Soal ETF Bitcoin Spot

Dalam acara tersebut, Gary juga diminta untuk memberikan pandangan tentang perkembangan ETF Bitcoin spot. Namun, ia menolak untuk memberikan komentar karena proses pengkajiannya masih berlangsung di SEC. Gary berusaha tetap netral terkait masalah ini.

Beberapa perusahaan keuangan, termasuk BlackRock, Fidelity, VanEck, dan Invesco, telah mengajukan permohonan untuk mendapatkan izin dalam menyediakan layanan ETF Bitcoin spot. Kesepakatan pembagian pengawasan menjadi persyaratan penting bagi sebuah penyedia layanan ETF Bitcoin spot. Persyaratan ini ditetapkan untuk menghindari potensi manipulasi pasar.

Baca Juga: Berita Palsu Gary Gensler Resign Beredar, Ternyata Dibuat AI!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.