Berita Palsu Gary Gensler Resign Beredar, Ternyata Dibuat AI!

Anggita Hutami

3rd July, 2023

Berita palsu tentang pengunduran diri Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat, Gary Gensler, telah menyebar secara luas di internet. Berita palsu ini pertama kali muncul di media Crypto Alert pada Sabtu (1/7).

Dalam berita palsu disebutkan bahwa Gary Gensler dikabarkan telah mengundurkan diri setelah menjalani penyelidikan internal. Penulis berita, Mathew Jacob, mengutip pernyataan seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya.

Namun, setelah dilakukan peninjauan lebih lanjut, berita tersebut teridentifikasi sebagai berita palsu atau hoaks. Menurut analisis ZeroGPT, seluruh teks artikel tersebut dihasilkan oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence) dengan tingkat kecocokan 100%.

Gambar tingkat kecocokan 100% menandakan kemungkinan besar berita tersebut dibuat oleh artificial intelligence (AI). Sumber: ZeroGPT

Situs web tersebut diketahui baru dibuat karena hanya memuat 17 artikel berita yang diunggah sejak Kamis (22/6). Dilansir dari laporan Cointelegraph, domain situs web Thecryptoalert.com baru saja diperbarui pada Sabtu (24/6) sore.

Mayoritas artikel di situs tersebut diduga dihasilkan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dengan tingkat kecocokan mencapai 70%.

Namun, meskipun berita tersebut telah diidentifikasi sebagai berita palsu, sejumlah akun centang biru di Twitter tetap membagikan ulang konten terkait. Salah satu unggahan Twitter yang paling banyak dilihat terkait berita ini berasal dari akun Whalechart dengan total tayangan hampir 1,4 juta kali.

Sementara itu, jurnalis Fox Business Network Charles Gasparino mengkonfirmasi bahwa Gary Gensler tidak mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua SEC.

Ini bukan kali pertama desas-desus mengenai pengunduran diri Gensler tersebar. Pada Kamis (20/4), media PKBNews melaporkan bahwa Gensler akan dipecat. Namun, media tersebut juga tidak mencantumkan sumber yang kredibel.

Baca Juga: Anggota Kongres AS Ajukan RUU untuk Pecat Ketua SEC Gary Gensler

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.