72% Aset yang Diretas Kembali ke Curve, Harga CRV Mulai Pulih

Anggita Hutami

7th August, 2023

Platform DeFi yang sempat terkena eskploitasi karena masalah bahasa pemrograman Vyper yakni Curve dan Alchemix Finance berhasil memulihkan sebagian aset mereka yang dicuri (7/8/23).

Baca juga: Curve dan Protokol DeFi Lain Rugi Jutaan USD karena Bug!

Menurut laporan pemerhati on chain, PeckShield, Curve Finance berhasil memulihkan 73% atau sekitar US$53,29 juta dari dana yang dicuri dalam peretasan. Namun, sisa kripto senilai sekitar US$19,7 juta di jaringan Ethereum masih belum dikembalikan oleh pelaku.

Protokol Alchemix Finance juga berhasil memulihkan Ether (ETH) beserta derivatifnya senilai US$22 juta, yang terdiri dari 7.258 ETH dan 4.821 alETH.

Sementara itu, tercatat akun Jpegd Frontrunner mengembalikan 90% dari total dana yang dicuri, yaitu US$11,5 juta atau 5.495,4 WETH. Sementara itu, c0ffeebabe.eth mengembalikan US$7 juta, yang terdiri dari US$1,6 juta Metronome dan US$5,3 juta dari CRV pool. Terakhir, whitehat hacker mengembalikan dana sebesar US$13 juta ke Alchemix.

Baca Juga: Krisis Curve Nyaris Buat DeFi Alami Risiko Sistemik

Harga CRV Mulai Rebound

Gambar Harga Token CRV dalam satu bulan terakhir (7 Juli-7 Agustus 2023).
Sumber: Coinmarketcap

Pemulihan dana Curve Finance berhasil mengembalikan sentimen positif terhadap harga token asli Curve (CRV). Awalnya, harga CRV mengalami penurunan hampir 30%, dari US$0,7293 menjadi hanya US$0,5066 pasca eksploitasi. Namun, sejak pemulihan dana berhasil dilakukan, harga CRV sedikit pulih dan diperdagangkan sebesar US$0.6162  pada Senin (7/8) sore.

Curve Masih Menunggu 13% Dana Curian Untuk Dikembalikan

Sebelumnya, platform Curve Finance dilaporkan kehilangan US$73 juta dalam peretasan yang terjadi pada Minggu (30/7). Peretasan ini disebabkan oleh celah pada bahasa pemrograman populer, Vyper.

Platform Curve menawarkan kesepakatan kepada para pelaku untuk mengembalikan 90% dana yang telah dicuri pada Jumat (4/8). Sebagai imbalan, Curve Finance akan memberikan 10% dari total dana yang dicuri atau US$1,85 juta.

Selain itu, pengembang juga akan membebaskan pelaku dari jerat hukum apabila dana dikembalikan sesuai persentase kesepakatan. Namun, hingga saat ini pelaku peretasan baru mengembalikan 73% dana yang dicuri, tersisa 13% lainnya atau sekitar US$18 juta.

“Batas waktu untuk pengembalian dana sukarela dalam eksploitasi Curve berlalu pada 08.00 UTC. Kami sekarang memperluas hadiah kepada publik, dan menawarkan hadiah senilai 10% dari sisa dana yang dieksploitasi (saat ini US$1,85 juta) kepada orang yang dapat mengidentifikasi pengeksploitasi dengan cara yang mengarah pada keyakinan di pengadilan.”

Baca Juga: Curve Finance Tawarkan Hadiah Bagi Peretas dengan Syarat Ini!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.