Curve Finance Tawarkan Hadiah Bagi Peretas dengan Syarat Ini!

Anggita Hutami

4th August, 2023

Tiga proyek DeFi yakni Curve, Metronome, dan Alchemix, secara bersamaan mengumumkan akan memberikan hadiah sebesar 10% dari total dana curian asalkan peretas mengembalikan 90% dana yang telah dicuri yaitu sebesar US$63 juta.

“Jika Anda memilih untuk tidak mengambil bagian dalam pengembalian sukarela dan menyelesaikan prosesnya pada 6 Agustus pukul 08.00 UTC. Kami akan memperluas hadiah kepada publik, dan menawarkan 10% penuh kepada orang yang dapat mengidentifikasi Anda dengan cara yang mengarah pada keyakinan Anda di pengadilan. Kami akan mengejar Anda dari semua sudut dengan sepenuhnya hukum,” ungkap

Curve juga menawarkan jaminan bahwa pihaknya tidak akan melakukan upaya hukum terhadap peretas apabila mereka ingin mengembalikan dana pencurian itu.

Mereka telah menyediakan saluran langsung untuk berkomunikasi melalui alamat email curvenegotiation@protonmail.com dan dengan tegas mengajak pihak yang bertanggung jawab untuk merespons segera.

Baca Juga: Curve dan Protokol DeFi Lain Rugi Jutaan USD karena Bug!

Kronologi Peretasan

Sebelumnya, pada Minggu (30/7), terjadi eksploitasi pada platform Curve yang mengakibatkan pencurian sekitar US$70 juta dalam bentuk kripto.

Apabila pihak peretas berkenan untuk mengembalikan dana pencuriannya, peretas berpotensi mendapatkan hadiah sebesar hampir US$7 juta.

Mereka juga menekankan bahwa setiap individu yang ingin berpartisipasi dalam negosiasi harus memverifikasi kepemilikan mereka atas alamat email yang tercatat dalam blockchain.

Serangan itu disebabkan oleh celah pada bahasa pemrograman Vyper. Beberapa pools yang menggunakan versi Vyper 0.2.15, 0.2.16, dan 0.3.0, mengalami peretasan karena adanya malfungsi kunci masuk.

Insiden peretasan ini meningkatkan ketidakpastian di komunitas kripto dan memunculkan kekhawatiran tentang kemungkinan efek domino pada ekosistem DeFi.

Pada Kamis (3/8), stablecoin asli dari Curve Finance, yaitu crvUSD, mengalami penurunan sesaat akibat FUD setelah terjadinya peretasan.

Namun, Pendiri Curve, Michael Egorov telah melakukan upaya penyelamatan terhadap platform Curve. Dia melakukan pelunasan pinjaman dengan menjual token CRV di bawah harga rata-rata untuk menjaga neraca keuangan.

Baca Juga: Krisis Curve Nyaris Buat DeFi Alami Risiko Sistemik

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.