Wallet Misterius Bakar Aset Kripto dan NFT Senilai Ratusan Triliun!

Anggita Hutami

11th August, 2023

Salah seorang pengguna kripto dilaporkan telah melakukan tindakan pyromania digital. Pyromania digital mengacu pada tindakan seseorang yang dengan sengaja membakar (burning) atau menghancurkan aset digital seperti token kripto atau non-fungible token (NFT).

Burn token maupun aset digital merupakan proses di mana pemegang mengirim aset ke alamat yang akan membuat aset mereka hilang.

Baca juga: Apa itu Coin Burning? Panduan Lengkap untuk Pemula

Burn Token dan NFT Bluechip

Menurut platform analitik blockchain Arkham Intel, pengguna dengan ENS nd4.eth telah membakar 2.500 ETH senilai US$4,65 juta dan NFT senilai US$4 juta pada bulan Juli. Secara keseluruhan, pengguna tersebut telah membakar berbagai kepemilikan aset digitalnya senilai US$8 miliar atau Rp 121,84 triliun.

Pada 10 Agustus pukul 10.55 WIB, pengguna nd4.eth tersebut telah membakar token senilai US$3,59 miliar. Token-token itu diketahui telah disimpan selama beberapa bulan terakhir oleh pengguna.

Sejak Januari 2023, nd4.eth membeli token GNS senilai US$1,8 juta dan lebih dari US$1 juta GMX dari Uniswap. Dia memutuskan untuk membakar semuanya dalam 2 jam terakhir tanpa alasan.

Selain itu, pengguna juga telah membakar 2.500 ETH senilai US$4,65 juta pada 26 Juli. Sebelumnya pada 19 Januari, wallet tersebut diketahui memiliki 2.310 ETH, namun kini hanya tersisa 0,23 ETH.

Pada hari terakhir, dompet ini mengirimkan NFT CryptoPunk, tiga Bored Apes (BAYC), dua Mutant Apes (MAYC), serta dua Bored Ape Kennel Club (BAKC) ke virtual bonfire, yang juga disebut alamat pembakaran atau burning. Secara keseluruhan, nilai NFT blue-chip yang dihancurkan oleh api digital ini diperkirakan sekitar US$280.000 dengan harga dasar saat ini.

Baca Juga: Token Meme Viral Bonk Burn Token $5 Triliun

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.