Kuasa Hukum Elon Musk Minta Investor DOGE Cabut Tuntutan!

Anggita Hutami

11th August, 2023

Sekelompok investor Dogecoin mengajukan gugatan class action terhadap Elon Musk pada Rabu (31/5). Elon Musk dituntut telah melakukan manipulasi pasar dengan memompa harga Dogecoin menggunakan informasi eksklusif yang hanya diketahui internal.

Kuasa hukum Elon Musk, Alex Shapiro, meminta agar tuntutan yang telah direvisi oleh penggugat dihentikan, seperti yang dijelaskan dalam pengajuan ke pengadilan federal New York. Hal ini disampaikannya melalui mosi dukungan yang diajukan kepada pengadilan pada Rabu (3/8)

Pengacara Sebut Elon Tidak Berkorelasi dengan Doge

Pengacara Elon Musk mengatakan bahwa tuntutan para investor tak sepatutnya dilanjutkan karena penjualan Dogecoin tidak memiliki korelasi dengan Elon Musk maupun Tesla.

Mereka juga menekankan bahwa pihak penuntut belum dapat membuktikan bahwa komentar Elon tentang Dogecoin salah atau menyesatkan dengan signifikan.

“Tindakan ini adalah contoh lain dari taktik litigasi pengacara yang kasar dan berperang,” ungkap Alex Shapiro.

Sebelumnya, pengacara yang mewakili investor, yakni Evan Spencer, melakukan revisi ketiga terhadap tuntutan gugatan pada bulan Juni dengan menambahkan tuduhan baru.

Awalnya, pihak investor meminta ganti rugi senilai US$258 miliar pada bulan Juni, mendakwa Elon telah memanipulasi pasar dengan memompa harga koin meme DOGE berdasarkan informasi internal.

Hakim Distrik Amerika Serikat Alvin Hellerstein, yang memimpin kasus ini, memberikan tenggat waktu bagi pengacara Musk untuk merespons perubahan dalam pengaduan pada bulan Juni. Pengacara yang mewakili investor Dogecoin memiliki waktu hingga awal September untuk menentang mosi pemecatan.

Baca Juga: Transaksi Harian Dogecoin Lampaui Bitcoin karena DRC-20

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.