Mantan Kepala SEC Prediksi ETF Bitcoin Spot Bakal Ditolak

Anggita Hutami

14th August, 2023

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat telah menunda keputusan mengenai perizinan ETF Bitcoin milik ARK Investment.

Sementara itu, Mantan Kepala SEC, John Reed Stark, mengungkapkan prediksinya mengenai hasil pengajuan ETF Bitcoin dari beberapa perusahaan. Dia mengaitkan lanskap politik AS dengan arah kebijakan kripto yang akan datang.

Baca Juga: 6 Proposal ETF Bitcoin Spot Masuk Tahap Peninjauan SEC

Pandangan Mantan Kepala SEC Soal Hasil Keputusan ETF Bitcoin

Mantan Ketua SEC, John Reed Stark, telah memberikan pandangannya tentang kemungkinan persetujuan aplikasi terbaru untuk ETF spot Bitcoin. Ia mencatat faktor-faktor menarik yang bisa memengaruhi keputusan tersebut.

Dalam unggahan terbarunya di platform X, John merujuk analisis yang dikemukakan oleh pakar-pakar di BetterMarkets. Mereka menyajikan pandangan mereka melalui SEC Comment pada 8 Agustus 2023.

John berpendapat, saat ini kemungkinan SEC tidak akan menyetujui aplikasi ETF Bitcoin spot karena adanya perubahan aturan yang substansial dalam dunia kripto setelah pemilihan umum berikutnya.

Dia mengatakan,tokoh-tokoh penting dengan latar belakang politik yang berbeda-beda, seperti Presiden Donald Trump, Sekretaris Hillary Clinton, dan Anggota Kongres Maxine Waters, menganggap kripto sebuah ancaman.

Namun, John juga berpendapat, apabila presiden terpilih pada tahun 2024 berasal dari Partai Republik, kemungkinan besar akan ada perubahan pendekatan oleh SEC terhadap kripto.

Linimasa Pengajuan BlackRock ETF Bitcoin oleh SEC. Sumber: K33 Research
Linimasa Pengajuan BlackRock ETF Bitcoin. Sumber: K33 Research

“Perubahan kepemimpinan di SEC biasanya memerlukan waktu beberapa bulan setelah Presiden baru dilantik. Jika Presiden Republik terpilih, maka kemungkinan besar Ketua SEC saat ini akan mundur, dan kemungkinan Hester Pierce atau komisaris Republik senior lainnya akan mengisi posisi tersebut,” ungkap Mantan Ketua SEC, John Reed Stark, dalam ungahannya di platform X.

Dalam skenario ini, kemungkinan SEC akan lebih berfokus pada penanganan kasus penipuan daripada pelanggaran pendaftaran di platform perdagangan kripto, broker-dealer, atau perusahaan kliring.

Terlebih lagi, mereka mungkin lebih mendukung produk investasi seperti ETF spot bitcoin dan mengenakan regulasi yang lebih ramah terhadap kripto.

SEC Menunda Keputusan ETF Bitcoin

SEC telah menunda pengajuan ETF Bitcoin yang diajukan oleh perusahaan manajemen investasi, Ark Invest. Keputusan itu seharusnya ditetapkan pada Minggu (13/8), tetapi SEC menundanya hingga waktu yang belum ditentukan. ARK Invest dan 21 Shares termasuk dalam delapan perusahaan yang mendapat jadwal awal dalam peninjauan ETF Bitcoin oleh SEC.

Sementara itu, Blackrock iShares Bitcoin Trust memiliki tenggat waktu yang lebih lama, berbeda dengan perkiraan dari K33 Research dua bulan lalu, yang memprediksi pada 23 Februari 2024.

Baca Juga: Mengenal Bitcoin ETF dan Dampaknya Pada Harga

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.