Wallet CEO Ripple Kena Retas, Rugi Rp1,77 Triliun

Ary Palguna

1st February, 2024

Wallet Ripple terkena peretasan yang mengakibatkan 213 juta XRP atau sekitar Rp1,77 triliun tercuri dalam kejadian ini.


Detektif blockchain terkemuka, ZachXBT, dalam sebuah postingan X telah mengungkapkan aliran aset keluar dari wallet XRP yang mencurigakan. Alamat wallet ini disinyalir terkait dengan Ripple Labs. Sebanyak 213 juta XRP atau sekitar US$112,5 juta (Rp1,77 triliun) telah hilang dari wallet ini.

ripple
Gambar: Visualisasi wallet terkait peretasan. Sumber: ZachXBT

Salah satu pendiri Ripple, Chris Larsen, menanggapi postingan ini dan menyatakan bahwa akun XRP pribadinya telah diretas, bukan Ripple Labs itu sendiri.

“Terjadi akses tanpa izin ke beberapa akun XRP pribadi saya. Kami dengan cepat dapat menangkap masalah ini dan memberitahu bursa untuk membekukan alamat yang terkena dampak. Penegakan hukum sudah terlibat,” ungkap Larsen.

Dana yang dicuri menurut temuan ZachXBT telah dipindahkan menuju exchange kripto termasuk Gate, Binance, Kraken, OKX, HTX, HitBTC, dan MEXC. Terdapat 8 alamat terkait dengan kejadian peretasan ini.

ripple xrp
Gambar: Grafik harga XRP.

Setelah postingan milik ZachXBT tayang pada 21.05 WIB, tak perlu waktu lama harga XRP turun -3,14% dari US$0,5034 ke US$0,4876. Namun penurunan tidak berlangsung lama dan XRP diperdagangkan pada harga US$0,4971 per artikel ini ditulis (1/2/24).

Baca juga: Kirim 80 Juta XRP, Ripple Picu Spekulasi di Komunitas

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.