Video Lawas Gary Gensler Soal Kripto Beredar di Media Sosial, Ini Isinya!

Anggita Hutami

13th June, 2023

Video lawas, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), Gary Gensler yang membahas mengenai kripto dan sekuritas beredar luas di media sosial sejak 12 Juni.

Video itu diketahui diambil pada tahun 2018 saat Gensler menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Bloomberg. Setelah dicermati, pandangan Gensler mengenai kripto sekuritas berbeda setiap tahun.

Baca Juga: Ketua SEC Gary Gensler Sebut Pasar Kripto Sarang Skema Ponzi

Dalam video itu, Gensler menyebutkan empat mata uang kripto yang tidak dikategorikan sebagai sekuritas di antaranya Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Litecoin (LTC), dan Bitcoin Cash (BCH). Ia juga menambahkan bahwa 75% total pasar kripto pada saat itu berada di luar kategori hukum sekuritas.

“Lebih dari 70% pasar kripto adalah Bitcoin, Ether, Litecoin, Bitcoin Cash. Mengapa saya menyebutkan keempatnya? Mereka bukan sekuritas,” kata Gensler dalam video.

Dalam video terpisah yang juga berasal dari tahun 2018 dan tersebar pada bulan April, Gensler terlihat sedang mengajar di MIT dan mengklaim bahwa tiga perempat pasar kripto adalah “non-sekuritas.”

Baca Juga: Anggota Kongres AS Ajukan RUU untuk Pecat Ketua SEC Gary Gensler

Pendapat Gensler Soal Kripto Sekuritas Sering Berubah

Dalam video yang beredar pada bulan April tahun 2019, Gensler menyebut Algorand (ALGO) sebagai “teknologi hebat.” Namun, pada minggu yang sama video itu tersebar, SEC mengajukan gugatan terhadap pertukaran kripto Bittrex dan mengklaim bahwa ALGO merupakan sekuritas. Hal ini membuat banyak orang di industri kripto menuduh Gensler sebagai seorang yang tidak berpendirian.

Baca Juga: Beda Pendapat Regulator AS Soal Ethereum Sebagai Komoditas atau Sekuritas

Pendapat Gensler tampaknya berubah seiring waktu. Dalam video terbaru yang diunggah pada April 2023, Gensler dan anggota kongres AS, McHenry memperdebatkan mengenai status ETH sebagai komoditas atau sekuritas. Menariknya, dalam video itu Gensler justru terlihat tidak dapat memberikan jawaban.

“Itu hanya komoditas, uang tunai, kripto,” Gensler melanjutkan dengan mengatakan dalam video.

Baja Juga: 61 Kripto Dicap Sekuritas oleh SEC, Dua Hal Ini Penyebabnya?

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.