USDT Tether Alami Depegging Usai Saldo di “Pool Curve” Tak Seimbang!

Anggita Hutami

15th June, 2023

Pasar kripto dikejutkan dengan depegging USDT Tether yang terjadi pada pukul 15.30 WIB. Penyebab depegging USDT Tether diduga karena saldo pool Curve yang tidak seimbang.

Baca Juga: Cara Withdraw USDT dan Rupiah dari Binance

Saldo ideal Curve 3Pool seharusnya 33,33% untuk masing-masing stablecoin (USDT, USDC, dan DAI). Namun, dalam beberapa jam terakhir saldo USDT mendominasi hingga 70%.

Sumber: 3pool

Kronologi

USDT Tether mengalami perubahan nilai tukar di pertukaran terdesentralisasi Curve pada pukul 15.30 WIB (15/6/23). Perubahan nilai tukar ini menyebabkan nilai USDT lepas dari rasio 1:1 dengan dolar AS.

Penurunan harga USDT. Sumber: Coinmarketcap

Menurut Coinmarketcap, USDT sempat dihargai senilai US$0,9958 dengan volume perdagangan harian sebesar US$27 miliar. Harga USDT tersebut mengindikasikan terjadinya depegging atau ketidakseimbangan nilai USDT terhadap dolar AS. Saat ini harga USDT berangsur pulih ke kisaran US$0,9976.

Dalam keadaan normal, USDT seharusnya memiliki nilai yang setara dengan US$1. Ketika nilai USDT turun di bawah US$1, ini menandakan bahwa stablecoin itu tidak lagi mempertahankan perbandingan 1:1 yang menjadi karakteristiknya.

Reaksi Pasar Kripto

Reaksi terhadap depegging USDT Tether terlihat di seluruh pasar. Beberapa pedagang telah beralih ke stablecoin yang lebih stabil. Sementara itu trader lainnya berupaya memanfaatkan perbedaan harga antara USDT Tether dan stabilcoin lainnya melalui arbitrase.

Sebagian pedagang meminjam USDT dari protokol pinjaman Aave. Mayoritas peminjam menjual USDT yang didevaluasi untuk ditukar dengan token DAI atau USDC. Namun, belum ada pergerakan harga yang signifikan pada kedua token itu.

Data Lookonchain mencatat sejumlah alamat Ethereum telah menghasilkan keuntungan dari depegging USDT. Alamat Ethereum dengan kode 0xd2 telah menyimpan 52.200 stETH (US$85 juta) melalui protokol Aave V2 dan meminjam US$50 juta USDC. Pemilik alamat itu kemudian menukar USDT dengan stablecoin lainnya dengan harga diskon di Curve.

Hubungan Depegging USDT dengan UST

Peristiwa depegging USDT Tether mengingatkan komunitas kripto dengan peristiwa keruntuhan UST. Menurut analis Coinvestasi, terlalu cepat untuk menyamakan peristiwa depegging USDT Tether dengan UST.

Hal ini dikarenakan perbandingan volume 3pool sangat kecil hanya US$409,40 juta. Sementara itu, aset USDT yang bermasalah hanya hanya 0,5% dari kapitalisasi pasar USDT yang mencapai US$80 miliar.

Baca Juga: Apa itu Stablecoin? Panduan untuk Pemula

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.