Celsius akan Ubah Altcoin Senilai US$215 Juta ke BTC dan ETH!

Anggita Hutami

16th June, 2023

Platform pemberi pinjaman kripto, Celsius Network, mengajukan izin ke pengadilan untuk menukar seluruh altcoin pelanggannya ke Bitcoin dan Ethereum (15/6/23).

Jumlah kepemilikan altcoin Celsius Network diperkirakan senilai US$215 juta yang terdiri dari Celsius/CEL (US$70 juta); Polygon/MATIC (US$52 juta); Cardano/ADA (US$26 juta); LINK (US$17 juta); dan Litecoin/LTC (US$14 juta).

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan nilai aset kripto yang perusahaan miliki. Jika rencananya disetujui, proses konversi akan dimulai pada 1 Juli.

Penukaran ini juga merupakan bagian dari rencana reorganisasi Celsius pada 15 Juni. Dalam rencana reorganisasi, klaim yang diajukan oleh peminjam ritel akan ditangani melalui set off treatment.

Set off treatment merupakan istilah yang merujuk pada suatu proses di mana kerugian atau kewajiban yang dimiliki oleh pihak A dapat dikompensasi atau diimbangi dengan keuntungan atau kredit yang dimiliki oleh pihak B.

Baca juga: Putusan Hakim Nyatakan Celsius Berhak Miliki Aset Kripto Pelanggan

Tuai Kritik Pengacara dan Pelanggan

Di satu sisi, upaya Celsius Network mengkonversi kepemilikan aset merupakan strategi yang cerdas. Upaya ini akan membantu perusahaan mengurangi biaya pengelolaan altcoin. Celsius juga dapat menghasilkan keuntungan dari likuiditas yang lebih tinggi melalui Bitcoin dan Ethereum.

Namun, rencana reorganisasi Celsius Network menuai kritik dari berbagai pihak termasuk pelanggan Celsius dan pengacaranya sendiri.

Menurut Bankruptcy Partner at McCarter & English, David Adler, rencana reorganisasi yang diusulkan Celsius Network melanggar undang-undang pinjaman konsumen di tingkat negara bagian dan federal.

Selain itu, Adler juga menyoroti kurangnya komunikasi antara Celsius dengan pihak-pihak peminjam yang telah berlangsung selama enam hingga tujuh minggu.

Dia percaya bahwa perpanjangan eksklusivitas lebih lanjut tidak dijamin dan Celsius perlu memberikan alasan yang memadai untuk membenarkannya.

“Perlakuan yang diusulkan ini melanggar setiap undang-undang pinjaman konsumen di luar sana (negara bagian, federal) dan kelompok Peminjam ad hoc akan menentang rencana ini,” ungkap Adler.

Konteks “eksklusivitas” mengacu pada waktu tambahan yang diberikan kepada Celsius Network untuk melaksanakan rencana reorganisasi tanpa campur tangan atau tawaran dari pihak lain.

Perkembangan Kasus Kepailitan

Celsius telah mengajukan permohonan untuk menunjuk Chris Ferraro sebagai perwakilan asing dalam proses kepailitan lintas batas di Inggris.

Upaya ini bertujuan untuk melindungi aset perusahaan yang berada di Inggris, sementara Bab 11 di Amerika Serikat diakui sebagai proses utama asing untuk mengatur penyelesaian secara keseluruhan.

Pada 25 Mei, konsorsium kripto Fahrenheit yang terdiri dari Arrington Capital dan US Bitcoin Corp, berhasil memenangkan tawaran untuk mengakuisisi aset Celsius. Nilai aset Celsius diperkirakan sekitar US$2 miliar.

Dalam kesepakatan ini, perusahaan baru yang terbentuk diharapkan menerima mata uang kripto likuid senilai sekitar US$450 hingga US$500 juta. Selain itu, US Bitcoin Corp berencana untuk membangun pabrik pertambangan Bitcoin 100 megawatt.

Celsius telah menghentikan penarikan dana sejak 13 Juni 2022 setelah mengalami kerugian investasi yang signifikan dan dampak dari kegagalan ekosistem Terra.

Baca Juga: Celsius Diminta Kembalikan Dana Pengguna Sebesar Rp781 Miliar

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.