Putusan Hakim Nyatakan Celsius Berhak Miliki Aset Kripto Pelanggan

Anggita Hutami

6th January, 2023

Hakim Federal Amerika Serikat memutuskan Celsius Network berhak atas aset kripto yang disetorkan pelanggan di platform online pada 4 Januari 2023. Hal ini dikarenakan adanya kesepakatan yang tertuang dalam terms and conditions Celsius bagi penggunannya.

Perlu jadi perhatian, dana yang menjadi milik Celsius sepenuhnya adalah dana pengguna yang menggunakan program earn. Tercatat, Celsius memiliki 600.000 akun dalam program earn pada Agustus 2022. Akun-akun tersebut menampung sekitar $4,2 miliar termasuk stablecoin yang saat itu bernilai sekitar $20 juta.

Sementara itu, berdasarkan keputusan Kepala Hakim Federal Amerika Serikat Martin Glenn, dana yang disimpan pada layanan kustodi dan tidak pernah dimasukkan ke layanan earn Celsius tetap adalah milik pelanggan dan tetap harus dikembalikan.

Per 29 Agustus 2022, Celsius menyimpan kripto sekitar $210 juta dalam layanan kustodi, tetapi hanya $44 juta yang masuk kriteria pengadilan untuk dikembalikan pada pelanggan secepatnya.

“Pengadilan menyimpulkan, berdasarkan Ketentuan Penggunaan Celsius yang tidak ambigu, dan tunduk pada pembelaan yang dilindungi undang-undang, bahwa ketika aset mata uang kripto (termasuk stablecoin, dibahas secara mendetail di bawah) disimpan di Akun Earn, aset mata uang kripto menjadi milik Celsius; dan mata uang kripto aset yang tersisa di Earn Accounts pada Tanggal Petisi menjadi milik perkebunan kebangkrutan Debitur (‘Estates’),” tulis Glenn.

Keputusan ini juga berkaitan dengan pihak Celsius yang mengajukan perlindungan dari UU Kepailitan Amerika Serikat Bab XI, yang mana Celsius Network berhak meminta perlindungan untuk tetap beroperasi meskipun berstatus pailit.

Beberapa pemegang akun percaya bahwa Celcius melanggar kontrak. Namun, Glenn tidak sepakat atas pendapat itu, ia membuat pernyataan sebagai berikut.

“Pengadilan menemukan bahwa ada kontrak yang sah antara pemegang akun Celsius dan Celsius dan bahwa persyaratan kontrak secara jelas mengalihkan semua hak dan kepemilikan aset digital ke Celsius.”

Baca juga: Celsius Bangkrut Versi Chapter 11, Calon MT GOX Baru? 

Investor Kripto Perlu Waspada

Keyakinan investor diperkirakan berkurang secara drastis setelah putusan ini, karena akan memengaruhi investor yang menggunakan produk serupa di platform lain, banyak di antaranya telah memasuki kebangkrutan dalam beberapa bulan terakhir.

Keputusan terbaru terkait bangkrutnya Celsius membuat pepatah not your keys, not your cryptomenjadi relevan kembali. Sejatinya, pelanggan tidak dapat memastikan aset kripto mereka aman apabila disimpan dalam dompet yang tidak dapat dikendalikan oleh pelanggan itu sendiri.

Belajar dari kasus Celsius ini, investor kripto juga harus membaca syarat dan ketentuan platform dengan teliti dan memahami risiko yang mungkin didapatkan, agar tidak mengalami hal yang sama seperti pengguna earn di Celsius.

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.