Total Volume Trading di DeFi Melonjak 444% Usai Gugatan SEC!

Anggita Hutami

7th June, 2023

Total volume perdagangan harian di bursa terdesentralisasi melonjak hampir US$800 juta selama dua hari terakhir. Volume perdagangan rata-rata di tiga bursa terdesentralisasi meningkat 444% dalam 48 jam.

Peningkatan volume perdagangan ini dipengaruhi oleh gugatan hukum yang baru saja diajukan SEC kepada Binance dan Coinbase.

Perdagangan DeFi

Menurut Coingecko, total volume perdagangan harian di Uniswap v2 (Ethereum), Uniswap v3 (Arbitrum) dan PancakeSwap v3 (BSC) menyumbang 53% dari total volume perdagangan DEX dalam 24 jam. Volume perdagangan meningkat lebih dari US$792 juta pada 5 Juni dan 7 Juni.

Platform perdagangan Curve juga mengalami lonjakan 328% dalam 24 jam. Curve adalah platform perdagangan dengan fokus pada penjualan stablecoin yang nilainya dipatok dollar AS. Stablecoin USDC dan Tether kini sedang menjadi sorotan pada perdagangan Curve.

Dalam waktu singkat, volume perdagangan di DEX berhasil melebihi Coinbase selama gejolak pasar kripto pada bulan Mei. Mayoritas perdagangan digerakkan oleh penjualan memecoin.

Investor kripto dengan cepat membeli token seperti Pepe (PEPE) dan Turbo (TURBO) melalui Uniswap dan beberapa protokol terdesentralisasi lainnya karena token-token ini tidak terdaftar di bursa pusat utama.

Arus Keluar Binance Melonjak

Di saat volume pasar terdesentralisasi meningkat, arus keluar bersih di Binance juga melonjak signifikan mencapai US$778 juta. Namun, jumlah tersebut masih lebih rendah daripada total cadangan yang dimiliki oleh bursa. Saat ini, Binance masih mempertahankan saldo stablecoin lebih dari US$8 miliar.

Gugatan hukum yang baru-baru ini menimpa pertukaran kripto terbesar itu menyebabkan gejolak pasar kripto. Kapitalisasi pasar kripto sempat merosot empat persen tetapi sudah kembali normal menjadi US$1,2 triliun.

Sebagian besar kripto bereaksi negatif seperti Bitcoin (BTC) yang merosot sebesar 5,3%. BNB, koin utilitas Binance, juga mengalami penurunan signifikan sebesar 9,2%. Dalam waktu 24 jam, likuidasi posisi di pasar futures sebesar US$310 juta.

Baca Juga: Harga Bitcoin dan BNB Anjlok Usai SEC Tuntut Binance

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.