Tips Untung Jutaan USD dari Token Meme Ala Vitalik Buterin dan Dua Ahli Lainnya!

Anggita Hutami

3rd July, 2023

Berinvestasi di token meme dikenal penuh risiko, namun bagi investor yang cerdik, berinvestasi di token meme bisa jadi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar.

Merujuk laporan Cointelegraph, Pendiri Ethereum Vitalik Buterin, Direktur Kaizen Finance Evgen Verzun, Pendiri Offchain Ireland Sara Jane Kenny, dan CEO Flight3 Harry Horsfall adalah tokoh kripto yang sukses besar investasi di token meme.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui strategi mereka investasi di token meme.

Baca Juga: Bukan PEPE, Ini Memecoin Paling Diminati di Dunia

Vitalik Buterin: Koin Meme, Kebetulan yang Menguntungkan

Pendiri Ethereum Vitalik Buterin diakui sebagai salah satu tokoh yang cerdik di industri kripto. Vitalik sukses mengalokasikan investasi awalnya yang hanya ribuan dolar menjadi jutaan dolar melalui Dogecoin (DOGE).

Vitalik Buterin Koin Meme
Vitalik Buterin dalam podcast Lex Fridman (Youtube)

Dalam podcast Lex Friedman, Vitalik mengungkapkan bahwa keputusannya untuk berinvestasi dalam DOGE merupakan kebetulan yang berujung menguntungkan.

Selama masa karantina pandemi Coivid-19 tahun 2020, Vitalik berhasil menjual Dogecoin senilai US$4,3 juta dari modal awal investasi sebesar US$25.000.

“Pada awalnya, orang-orang tidak begitu serius menganggapnya. Saya hanya ingat berpikir dalam hati, bagaimana saya akan menjelaskan kepada ibu saya bahwa saya baru saja menginvestasikan US$25.000 dalam Dogecoin? Satu-satunya hal menarik tentang koin ini hanyalah logo seekor anjing di suatu tempat. Tapi tentu saja, itu adalah salah satu investasi terbaik yang pernah saya lakukan,” ungkap Pendiri Ethereum Vitalik Buterin dalam podcast Lex Fridman.

Vitalik mengatakan bahwa ia membeli Dogecoin ketika harganya sebesar US$0,008. Awalnya, dia tidak pernah mengharapkan keuntungan yang besar. Namun, dia memutuskan untuk menyumbangkan keuntungannya kepada organisasi amal GiveDirectly.

Baca Juga: Vitalik Buterin Berpendapat Tentang Dogecoin, Terbuka Membantu Peningkatan Kualitasnya

Tom Mitchelhill: Jual Sebelum Nilainya Turun

Di saat banyak orang membeli token meme ketika harganya sedang tinggi, banyak orang cerdas berhasil menghasilkan uang dengan memanfaatkan kenaikan harga dan menjual aset sebelum nilainya turun.

Tom Mitchelhill Koin Meme
Tom Mitchelhill (LinkedIn)

Baca Juga: Harga PEPE Naik 72% dalam Sepekan, Ini Pemicunya!

Itulah yang dilakukan Tom Mitchelhill, seorang jurnalis Cointelegraph. Ia memperhatikan tren pasar dan melakukan transaksi dengan strategi yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan.

Tom mengakui bahwa ia lebih suka berinvestasi dengan jumlah yang kecil dan berharap bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Dia menjelaskan bahwa terkadang aksi penjualan curang dilakukan oleh pihak yang sudah memiliki informasi internal. Biasanya, mereka membeli setengah jam setelah koin diluncurkan.

Ketika investasinya pada PEPE menghasilkan keuntungan sebesar 500%, Tom memutuskan untuk menjual dan mengambil keuntungannya. Strategi ini umum digunakan oleh investor yang berpengalaman.

Baca Juga: Harga PEPE Merosot 55%, Investor Alami Kerugian

Sara Jane: Pendekatan Sistematis

Salah satu investor yang juga terpesona oleh dunia token meme adalah pendiri Offchain Ireland, Sara Jane Kenny. Ia melihat peluang dalam kondisi pasar yang sedang melemah untuk berinvestasi dalam tiga token meme yang menurutnya memiliki potensi, yaitu DOGE, PEPE, SFM, dan COOP.

Sara Jane Koin Meme
Sarah Jane Kenny memenangkan Communications Award Blockchain Ireland (LinkedIn)

Sara berbagi tiga tips untuk menghasilkan keuntungan dari investasi token meme, diantaranya melakukan penelitian secara mendalam, kesabaran yang kuat, dan mengoptimalkan efisiensi dalam pengambilan keputusan investasi.

Sara memiliki pendekatan yang sistematis dalam melakukan penelitian terhadap token-token yang diminatinya. Sara menyelidiki asal-usul token, tim pengembang di baliknya, komunitas yang terlibat, dan kemajuan apa yang telah dicapai oleh proyek tersebut.

Setelah ia memilih token yang menjanjikan, ia selanjutnya mempertimbangkan cara terbaik dan paling efisien untuk melakukan perdagangan.

Cara tersebut meliputi perhitungan biaya yang mungkin terlibat, kecepatan transaksi, dan perbedaan harga di berbagai platform perdagangan seperti DEX (Decentralized Exchanges) dan CEX (Centralized Exchanges).

Selain itu, Sara juga menganjurkan untuk mengamati pasar secara cermat dan mempelajari pola-pola yang muncul dalam jangka waktu tertentu. Ia mencari tanda-tanda masuknya dukungan dari investor lain dan juga mengamati saat penjualan mulai terjadi.

Menurut Sara Jane Kenny, token meme terbaik adalah yang memiliki komunitas yang kuat, sedang membangun utilitas, dan memiliki makna tertentu meskipun dianggap sebagai lelucon.

Baca Juga: Minat Konten Meme Token di TikTok Naik 105% dalam Sebulan!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.