Singapura Perketat Aturan untuk Operasional Perusahaan Kripto

Anisa Giovanny

3rd April, 2024

Singapura telah memperbarui Undang-Undang Layanan Pembayaran (PSA), yang menetapkan tolok ukur peraturan baru untuk sektor mata uang kripto, (2/4/2024). 

Berlaku mulai tanggal 4 April, Otoritas Moneter Singapura (MAS) telah memperluas cakupan PSA untuk mencakup layanan token pembayaran digital (DPT) yang lebih luas.

Salah satu perubahan penting yang dilakukan adalah kewajiban penyedia layanan DPT untuk memisahkan aset pelanggan ke dalam rekening perwalian, fasilitasi transmisi DPT, dan fasilitasi transfer uang lintas batas antar negara “bahkan ketika uang tidak diterima atau diterima di Singapura.

Baca juga: Grab Singapura Terima Pembayaran Pakai Kripto

Diterapkan Pada Oktober 2024

Langkah-langkah ini, dijadwalkan untuk diterapkan dalam waktu enam bulan sejak tanggal berlakunya undang-undang tersebut, bertujuan untuk memperkuat keamanan dan transparansi transaksi keuangan digital.

“Amandemen tersebut akan memberdayakan MAS untuk menerapkan persyaratan terkait anti pencucian uang dan pemberantasan pendanaan terorisme, perlindungan pengguna, dan stabilitas keuangan pada penyedia layanan DPT,” kata MAS.

MAS juga telah memetakan jadwal kepatuhan bertahap untuk pelaku pasar yang ada, dengan memberi waktu hingga sembilan bulan untuk memenuhi persyaratan perizinan baru, termasuk penyerahan pengesahan auditor eksternal. Apabila para pelaku pasar tidak memenuhi persyaratan dan tidak mematuhi peraturan PSA akan mereka harus menghentikan operasionalnya di Singapura. 

Sementara itu, banyak perusahaan kripto memperoleh lisensi saat mereka menawarkan layanan mereka ke pasar Singapura. Organisasi seperti Crypto.com, Coinbase, dan Ripple telah memperoleh lisensi lembaga pembayaran lengkap di negara tersebut.

Setelah melengkapi persyaratan, Crypto.com memperoleh lisensi Lembaga Pembayaran Utama (MPI) pada Juni 2023. Ripple menerima persetujuan resmi pada 4 Oktober, sementara Coinbase memperoleh lisensi penuh MPI pada 2 Oktober 2023.

Baca juga: Upbit Resmi Dapat Lisensi dari Otoritas Singapura

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency