Rekor Baru, Litecoin Ordinals Capai 3 Juta Inskripsi!

Anggita Hutami

23rd May, 2023

Litecoin Ordinals telah mencapai lebih dari 3 juta inskripsi, tertinggi sejak diluncurkan.

Selain itu, Litecoin secara rata-rata mencatat sekitar satu juta transaksi per minggu pada bulan Mei. Pada 10 Mei, Litecoin mencapai volume transaksi harian tertinggi dengan total 584.000 transaksi.

Peningkatan transaksi di jaringan Litecoin diduga karena penggunaan Ordinals di blockchain tersebut, sekaligus adanya standar token LTC-20 yang menjadi standar token di blockchain Litecoin. Tujuan token LTC-20 adalah untuk mencetak sejumlah token dan mentransfer sejumlah token.

Mengenal Litecoin Ordinals

Litecoin Ordinals muncul pada 19 Februari setelah pengembang perangkat lunak Anthony Guerrra mem-fork repositori Bitcoin Ordinals Github.

Dia kemudian ditawari 5 token LTC untuk menerapkan fitur tersebut di jaringan oleh pengguna nama samaran di Twitter. Dia kemudian menaikkan standar menjadi 22 token LTC yang dia terima, dan kemudian Ordinal muncul.

Meskipun jaringan Bitcoin dan jaringan Litecoin sangat berbeda, kedua basis kodenya mirip. Beberapa fitur serupa adalah Segregated Witness (Segwit) dan Taproot, yang mengaktifkan artefak ordinal jaringan Litecoin.

Baca Juga: Mengenal ORC-20 dan Bedanya dengan BRC-20

Hashrate dan Biaya Mining

Peningkatan inskripsi Litecoin Ordinals juga berbanding lurus dengan peningkatan hashrate dalam beberapa bulan terakhir. Saat ini, data terbaru menunjukkan tingkat hashrate Litecoin mencapai 724.338 Thash/s. Biaya mining Litecoin pun mengalami peningkatan.

Tingkat hashrate Litecoin (LTC). Sumber: Glassnode

Harga Token LTC

Harga LTC telah menunjukkan kinerja yang mengesankan dalam hal harga belakangan ini. Menurut Coingecko, harga LTC telah meningkat sebesar 3,7% dalam sepekan terakhir. Saat ini, Litecoin dihargai sebesar US$91,86, dengan kapitalisasi pasar lebih dari 6,7 miliar dollar AS.

Pergerakan cukup positif dari harga LTC ini selain disebabkan antusiasme Litecoin Ordinals, juga didorong oleh halving Litecoin yang akan terjadi pada Agustus 2023.

Baca juga: Apa Itu Litecoin Halving? Panduan untuk Pemula!

Metrik on-chain Litecoin (LTC) juga menunjukkan adanya sentimen positif yang mengelilingi koin ini di pasar. Selain itu, dominasi sosial token ini juga tinggi, menunjukkan tingginya popularitas Litecoin di pasar kripto.

Analis memperkirakan potensi kenaikan harga Litecoin (LTC) dalam beberapa waktu ke depan. Menurut grafik Santiment, jumlah transaksi whales yang tinggi menandakan LTC diminati oleh investor besar.

Grafik tersebut juga menunjukkan jumlah alamat aktif harian yang tinggi, menandakan tingginya aktivitas pengguna dalam menggunakan Litecoin. Selain itu, kecepatan Litecoin yang tinggi menunjukkan LTC sering ditransaksikan pada waktu tertentu.

Baca juga: Rekt Capital Prediksi Litecoin Miliki Potensi Reli 285%!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.