Ondo Finance Pimpin Kapitalisasi Pasar Sektor Kripto RWA

Anisa Giovanny

25th March, 2024

Sektor real world assets (RWA) yang memungkinkan aset di dunia nyata ditokenisasi sedang mendapatkan popularitas tinggi, terutama setelah lembaga besar seperti BlackRock diketahui sedang mengeksplorasi sektor ini.

Baca juga: BlackRock Perkenalkan Dana Ter-tokenisasi BUIDL

Dari berbagai proyek RWA yang beredar, ONDO telah mencatat volume perdagangan tertinggi dalam 24 jam terakhir, dengan nilai mencapai US$393 juta, diikuti oleh POLYX dan PENDLE, masing-masing dengan volume perdagangan sebesar US$102 juta dan US$74 juta. Kapitalisasi pasar ONDO juga menduduki peringkat teratas dengan angka US$1,3 miliar.

Gambar: Sektor RWA. Sumber: Coingecko.

Sementara itu, Lookonchain melaporkan, whale telah melakukan aktivias transaksi besar dengan ONDO.

Whale”0x56F9″ telah menarik 6,53 juta $ONDO(US$5,88 juta) dari #Bybit dalam sebulan terakhir. Dompet baru”0x92dD” menarik 1,98 juta $ONDO (US$1,78 juta) dari #Gateio dalam satu jam terakhir. Dompet”0xE6bf” menarik 937.600 $ONDO($845K) dari #Gateio 3 jam yang lalu.

Produk RWA Alami Lonjakan

Dalam laporan terbaru CoinGecko untuk tahun 2024 berjudul “RWA Report 2024: Rise of Real World Assets in Crypto,” menyoroti tren yang ada di sektor ini.

Laporan CoinGecko mengungkapkan lonjakan mengejutkan dalam produk treasury yang diberi token, mengalami peningkatan popularitas selama pasar bearish, dengan kapitalisasi pasarnya meningkat 641% pada tahun 2023, dari US$114,0 juta menjadi US$845,0 juta.

Gambar: Kapitalisasi pasar tokenisasi aset treasuries. Sumber: Coingecko.

Franklin Templeton saat ini menjadi penerbit terbesar perbendaharaan AS yang diberi token, dengan token senilai US$332,0 juta yang dikeluarkan dari Dana Uang Pemerintah AS On-Chain. Ini memberinya pangsa pasar lebih dari 38,6%.

Penerbit stablecoin yang menghasilkan imbal hasil seperti Mountain Protocol dan Ondo Finance juga terbukti populer. Pada Februari 2024, Mountain Protocol telah mencetak token Mountain Protocol USD (USDM) senilai US$154,0 juta sejak didirikan pada September 2023, Ondo memiliki kapitalisasi pasar Ondo US Dollar Yield (USDY) sebesar US$132,4 juta berdasarkan laporan. Sementara itu, kapitalisasi pasar ONDO Finance sendiri mencapai US$1,3 miliar.

Baca juga: ONDO Sentuh ATH, Ini Penyebabnya

Tren RWA Lainnya

Tren penting lainnya yang disorot dalam laporan CoinGecko adalah token logam mulia seperti Tether Gold (XAUT) dan PAX Gold (PAXG) yang menguasai 83% kapitalisasi pasar token yang didukung komoditas.

Token seperti XAUT dan PAXG didukung oleh satu troy ons emas fisik, sedangkan Kinesis Gold (KAU) dan VeraOne (VRO) dipatok pada satu gram emas. Meskipun dominasi logam mulia yang diberi token, token yang didukung oleh komoditas lain juga telah diluncurkan.

Misalnya, proyek Uranium308 telah merilis uranium yang diberi token yang dipatok pada harga 1 pon senyawa uranium U3O8. Bahkan dapat ditebus, namun protokol kepatuhan yang ketat harus dilewati terlebih dahulu. Token yang didukung komoditas memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$1,1 miliar dan mewakili 0,8% dari kapitalisasi pasar stablecoin yang didukung fiat.

Mayoritas token aset dunia nyata tetap dipatok dalam dolar AS, dengan stablecoin seperti USDT Tether, USDC Circle, dan Dai MakerDAO mendominasi sektor ini.

USDT terus mendominasi pasar stablecoin dengan pangsa pasar 71,4% atau sirkulasi US$96,1 miliar. Kapitalisasi pasar semua stablecoin telah tumbuh dari US$5,2 miliar pada awal tahun 2020 ke puncak US$150,1 miliar pada Maret 2022 sebelum menurun. Setelah mencapai titik terendah, kapitalisasi pasar stablecoin mulai meningkat lagi secara perlahan, sekarang mencapai US$134,6 miliar.


Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency