5 Aset Kripto Wajib Pantau Pekan Akhir Maret 2024

Ary Palguna

25th March, 2024

Dalam keadaan pasar kripto yang dinamis, pengamat dan investor terus memantau pergerakan pasar serta event yang dapat memengaruhi nilai aset kripto yang bersangkutan.

Pada pekan ini, sejumlah token menarik perhatian dengan potensi pengumuman besar dan perkembangan strategis yang dapat mempengaruhi tren harga. Artikel berikut membahas lima aset kripto yang layak untuk dipantau minggu ini.

Dogecoin (DOGE)

Coinbase International akan meluncurkan perdagangan berjangka DOGE pada tanggal 1 April. Hadirnya market futures ini diharapkan dapat memberikan pergerakan harga DOGE yang lebih dinamis.

Selain itu, tanggal 20 April dikenal sebagai Doge Day. Perlu diperhatikan bahwa kecenderungan harga memecoin untuk bereaksi sensitif terhadap acara semacam ini.

Baca juga: Coinbase akan Buka Perdagangan Futures Dogecoin

Aptos (APT)

Tim Aptos bersiap untuk masuk ke sektor real world assets (RWA), dan terdapat rumor bahwa Aptos tengah menjalin kemitraan dengan manajer aset besar. Berdasarkan kabar baru-baru ini, BlackRock mulai masuk ranah RWA melalui aset ter-tokenisasi BUIDL. Kemungkinan kemitraan dengan manajer aset tersebut adalah BlackRock.

aptos kripto
Gambar: Rumor kemitraan Aptos dengan BlackRock terkait RWA. Sumber: CC2Ventures

Antisipasi bahwa detail ini akan diungkap pada acara ‘Aptos DeFi Days’ pada tanggal 2 April 2024 mendatang.

Baca juga: Aptos Naik 17,9% Usai Umumkan Kerja Sama dengan Microsoft!

Pendle Finance (PENDLE)

Pendle adalah salah satu proyek kripto yang disebut Arthur Hayes pada postingan blognya. Proyek ini layak untuk diperhatikan karena keterlibatannya dengan produk liquid restaking token (LRT) dengan total nilai terkunci yang dominan.

Selain itu antisipasi mainnet EigenLayer, proyek Ethereum restaking terbesar, yang akan rilis sekitar bulan Mei 2024 membuat Pendle kemungkinan besar akan mendapatkan eksposur.

Baca juga: PENDLE Naik +33% Dalam Sepekan, Transaksi Tembus US$1 Miliar

Stacks (STX)

Stacks adalah sebuah “layer-2” Bitcoin yang memungkinkan smart contract untuk dijalankan di atas jaringan Bitcoin. Per artikel ini ditulis (25/3/24), STX menjadi aset kripto terkait Bitcoin dengan kapitalisasi pasar tertinggi.

Mengingat Bitcoin Halving yang akan terjadi kurang dari sebulan lagi, STX kemungkinan besar akan mendapatkan apresiasi harga yang bagus.

Selain itu, terdapat upgrade Nakamoto pada jaringan Stacks pada April 2024. Upgrade ini bertujuan untuk mempercepat transaksi dan finalitas transaksi hingga 100%. Ini juga kemungkinan dapat menjadi katalis penggerak harga STX.

Ondo Finance (ONDO)

Aset kripto sektor real world assets (RWA) telah mengalami apresiasi harga belakangan ini. Kemungkinan besar disebabkan oleh masuknya BlackRock ke sektor RWA melalui aset ter-tokenisasi BUIDL.

Ondo Finance yang mengkhususkan produknya di sektor RWA secara tidak langsung akan mendapatkan sentimen positif. Ondo juga sudah memiliki produk RWA yakni USDY yang memberikan imbal hasil dengan melibatkan aset-aset tradisional di AS.

Dengan ini, maka terdapat kemungkinan bahwa Ondo akan memiliki kerjasama dengan institusi-institusi besar di kemudian hari. Hal ini tentu akan berpengaruh ke token aslinya, ONDO.

Baca juga: ONDO Sentuh ATH, Ini Penyebabnya

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.