Kripto Hari Ini: Harga BTC Stagnan, Doge, dan Top Altcoin Naik!

Anggita Hutami

26th July, 2023

Harga Bitcoin (BTC) berada di level resisten dalam sepekan terakhir sejak Kamis (20/7). Sementara itu, Dogecoin justru semakin menguat dan mencatat kenaikan dua digit. Sedangkan, altcoin lainnya mengalami kenaikan tipis.

Baca Juga: 4 Peristiwa Ekonomi Makro Pekan Ini yang Penting Dicermati Investor Kripto

Bitcoin

Harga BTC terjebak di kisaran US$30.000 sejak Kamis (20/7). Menurut data Coinmarketcap (28/7) pukul 14.30 WIB, harga BTC diperdagangkan sebesar US$29.214. Selama satu minggu terakhir, pergerakan harga BTC berada dalam kisaran US$28.900 hingga US$30.400.

Hal ini dikarenakan para investor meyakini bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin. Keputusan final mengenai kebijakan suku bunga oleh Federal reserve akan diumumkan pada Kamis (27/7).

Selain itu, penurunan harga BTC ini kemungkinan disebabkan penjualan yang diprogram (programmatic sale). Berdasarkan analisis, saat ini harga BTC masih terbilang sideways atau mendatar. Namun, jika harga BTC melanjutkan tren turun ke dan mencapai US$28.300, ada dua kemungkinan yang dapat terjadi.

Gambar pergerakan harga Bitcoin (BTC) dalam sepekan.
Sumber: TradingView

Pertama, BTC berpeluang untuk mengalami rebound jika sentimen pasar kripto menjadi positif. Kedua, jika sentimen negatif mendominasi pasar kripto, BTC berisiko mengalami penurunan hingga mencapai level support di kisaran US$24.000 – US$25.000 (area yang ditandai dengan warna merah).

Sebelumnya, harga BTC sempat mengalami kenaikan luar biasa melewati level support hingga US$32.530 pada Kamis (13/7). Kenaikan ini dipicu oleh sentimen positif terkait pemberitaan ETF Bitcoin Blackrock dan sejumlah perusahaan kripto lainnya seperti Fidelity, VanEck, dan Invesco.

Baca juga: Managing Director Bitget Proyeksi Harga BTC US$36.000 di Agustus

Dogecoin (DOGE)

Menurut Tradingview, Dogecoin (DOGE) mengalami lonjakan 10% pada Selasa (25/7). Dalam dua minggu terakhir, DOGE telah naik sebanyak 25% karena adanya spekulasi bahwa kripto ini dapat digunakan sebagai mekanisme pembayaran pada platform Twitter yang kini telah berganti nama menjadi X.

Tampaknya banyak pedagang memiliki sentimen bullish terhadap Dogecoin (DOGE). Hal ini terlihat dari meningkatnya aktivitas di pasar berjangka terkait DOGE.

Gambar Open interest Doge melonjak di pasar berjangka. 
Sumber: Coinglass

Menurut data Coinglass, futures open interest DOGE telah mencapai angka lebih dari US$500 juta untuk pertama kalinya sejak 19 April. Artinya, banyak pedagang telah mengikat sejumlah besar uang dalam kontrak berjangka DOGE.

Angka ini meningkat lebih dari dua kali lipat dalam dua minggu. Open interest telah melonjak menjadi 6,2 miliar, mendekati puncak 6,43 miliar yang dicapai pada 8 April.

Secara keseluruhan, peningkatan open interest menunjukkan bahwa banyak pedagang memiliki minat yang kuat dalam perdagangan DOGE di pasar berjangka, yang akan berdampak pada pergerakan harga DOGE ke depannya.

Baca Juga: Elon Musk Ubah Logo Twitter, Harga Token X Meroket 2.800%

Altcoin Lainnya

Sementara itu, sebagian top altcoin sedang mengalami rebound tipis seperti, Ethereum, XRP (+2,9%), BNB (+0,1%), DOGE (+4,7%), SOL (+1,6%), dan LTC (0,5%).

Kemudian altcoin yang populer dalam sepekan terakhir di antaranya adalah Worldcoin/WLD (43,24%) dan Kaspa/KAS (6,62%).

Token WLD ramai diperbincangkan karena kontroversi keamanan data. Sementara itu, koin KAS ramai karena komunitas telah memulai kampanye crowdfunding untuk pengembangan dompet ekstensi Kaspa yang mirip dengan dompet MetaMask yang lebih dulu populer.

Baca Juga: 5 Kripto yang Patut Diperhatikan Pekan Ini

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.