Jelang Litecoin Halving Pekan Depan, Holder Mulai Jual LTC

Anggita Hutami

26th July, 2023

Harga Litecoin (LTC) sedang mengalami tren penurunan jelang Litecoin halving. Sejumlah investor jangka panjang mulai menjual koin mereka dikarenakan kekhawatiran mengenai halving doom.

Halving doom adalah kecenderungan historis yang telah terjadi di pasar kripto, khususnya pada aset kripto yang menggunakan mekanisme “halving” dalam sistem mereka, seperti Litecoin (LTC) dan Bitcoin (BTC). LTC halving diperkirakan akan terjadi pada 2 Agustus 2023.

Baca Juga: Prediksi Harga LTC Jelang Litecoin Halving Agustus 2023!

Historis Harga LTC dalam Dua Pekan

Menurut data Coinmarketcap (26/7) pukul 10.55 WIB, harga LTC diperdagangkan sebesar US$89,84 mengalami penurunan -7,2% dalam dua pekan terakhir. Sedangkan, volume perdagangan LTC saat ini tercatat sebesar US$634 juta.

Merujuk pada historis harga sebelumnya, harga LTC biasanya akan mengalami tren penurunan drastis beberapa pekan sebelum halving. Hal ini terjadi karena pemegang LTC mengantisipasi penurunan harga pasca-halving (bearish).

Menurut data Santiment, metrik age consumed menunjukkan lonjakan yang cukup signifikan dalam dua pekan terakhir. Selain itu, sell orders LTC juga tercatat telah melampaui buy orders di berbagai exchange kripto.

Exchange on-chain Market Depth.  Juli 2023.
Sumber: IntoTheBlock

Sell orders LTC melampaui buy orders di berbagai pertukaran kripto memiliki arti ada lebih banyak orang yang berusaha menjual Litecoin daripada yang ingin membeli saat ini.

Baca juga: Prediksi Harga LTC Jelang Litecoin Halving Agustus 2023!

Data onchain market depth juga menunjukkan bahwa pasokan koin LTC telah melebihi permintaan dengan margin yang cukup besar. Data onchain market depth adalah informasi tentang jumlah penawaran jual dan permintaan beli untuk Litecoin yang ada di pasar.

Jika pasokan koin LTC telah melebihi permintaan dengan margin yang cukup besar, ini menunjukkan bahwa terdapat lebih banyak Litecoin yang tersedia untuk dijual daripada permintaan untuk beli.

Saat ini, para pemegang LTC telah memposisikan 465.000 koin LTC untuk dijual. Jumlahnya secara tidak proporsional lebih tinggi dibandingkan dengan pesanan beli aktif yang hanya mencapai 339.000 LTC.

Jadi, secara keseluruhan, saat ini terdapat ketakutan dan sentimen negatif di pasar Litecoin menjelang periode halving. Jika banyak orang menjual LTC dan pasokan lebih besar daripada permintaan, maka hal ini berpotensi menyebabkan penurunan harga.

Baca Juga: Apa Itu Litecoin Halving? Panduan untuk Pemula!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.