Harga BALD Anjlok 70% dalam 24 Jam, Pengembang Diduga Rug Pull!

Anggita Hutami

1st August, 2023

Harga token meme Bald (BALD) anjlok sejak dini hari. Sebagian besar komunitas kripto mencurigai bahwa pengembang telah melakukan kecurangan melalui skema rug pull.

Kronologis dan Historis Harga

Seorang pengembang yang menggunakan nama samaran “Bald” mengumumkan peluncuran token meme BALD di jaringan Base pada Sabtu (29/7). Token tersebut mengalami kenaikan harga sebesar 289.000% dalam 14 jam pertama perdagangan.

Namun, pada Senin (31/7), pengguna X-Twitter mulai melaporkan bahwa akun yang bertanggung jawab atas distribusi token telah menarik 1.034 ETH dalam likuiditas. Hal ini menyebabkan penurunan harga token hingga hampir nol.

Baca Juga: Layer-2 Base Jadi Tempat Meme Coin Baru, Token BALD Naik Dua Ribu Persen!

Harga token meme BALD saat ini diperdagangkan sebesar US$0,00616 mencatat penurunan sebesar 70,71% dalam 24 jam terakhir. Penurunan token meme BALD dicurigai diduga akibat pengembang menarik 1.034 ETH senilai sekitar US$1,9 juta dari pasar.

Data Blockchain menunjukkan bahwa sejumlah token BALD dipindahkan ke akun lain, yang menarik 1.009,41 Wrapped Ether (WETH) dari likuiditas pada pukul 12:13 siang UTC pada Senin (31/7).

Komunitas kripto mencurigai pengembang melakukan rug pull karena transaksi besar tersebut. Namun, pengembang membantah tuduhan tersebut. Mereka hanya mengakui melakukan transaksi untuk menambahkan atau menghapus likuiditas dari kedua sisi.

Di sisi lain, salah seorang kolektor token berpendapat, ketika penambahan likuiditas dari kedua sisi juga dapat dianggap sebagai penjualan koin. Penambahan likuiditas oleh pengembang akan meningkatkan ketersediaan token di pasar untuk dijual.

Penjelasan Pihak BALD

Menurut keterangan tim pengembang, pihaknya telah mengimbau pengguna untuk tidak melakukan pembelian token sebelum jaringan diluncurkan secara resmi.

Jaringan base Coinbase diluncurkan pada Kamis (13/7). Tetapi, saat itu jaringan belum memiliki antarmuka pengguna (UI). Pengembang berencana merilis jaringan dan UI bridge secara publik pada bulan Agustus.

Namun, beberapa investor justru melakukan pembelian sebelum jaringan diluncurkan secara resmi. Pengguna melakukan pembelian token menggunakan tools yang berfungsi sebagai bridge dari Ethereum ke Base tanpa UI.

Baca Juga: Meme Coin PNDX Terindikasi Rug Pull, Investor Rugi Miliaran Rupiah!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.