Meme Coin PNDX Terindikasi Rug Pull, Investor Rugi Miliaran Rupiah!

Anggita Hutami

31st July, 2023

Pendiri Not Larva Labs, Jeremy Cahen atau yang dikenal dengan nama pengguna X-Twitter Pauly, mengumumkan peluncuran token meme Pond0x (PNDX) pada Jumat (28/7). Namun, harga token tersebut anjlok hanya dalam lima menit yang menyebabkan kerugian dan memicu indikasi terjadinya rug pull.

Menurut platform perdagangan Maestro, harga token Pond0x (PNDX) mencapai puncaknya di US$0,36 sebelum jatuh hampir ke nol dalam waktu lima menit. Menurut laporan dari pengguna X, Rune, investor kehilangan lebih dari US$2,2 juta (Rp33,2 miliar) dalam peluncuran tersebut.

Baca Juga: Survei Chainplay: Mayoritas Investor Sebut Meme Coin Penipuan dan Perjudian

Perdagangan Didominasi Bot

Jeremy Cahen (Pauly) mencantumkan alamat kontrak untuk PNDX dan URL untuk aplikasi web resminya. Aplikasi web tersebut berisi grafik yang mirip dengan token meme Pepecoin.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna mencetak token PNDX baru dengan imbalan jumlah Ether tetap, mirip dengan pra-penjualan (presale) atau penggalangan dana (fundraiser). Namun, banyak pengguna mengharapkan penggalangan dana dilakukan di Uniswap.

Sejumlah pengguna membeli token di Uniswap menggunakan aplikasi perdagangan bot seperti Maestro atau Unibot, yang menyebabkan kenaikan harga token.

Di sisi lain, beberapa pengguna lain mencetak token menggunakan aplikasi web dan menjualnya di pasar dengan keuntungan. Namun, mayoritas pengguna lainnya mencatat kerugian hingga US$2,2 juta (Rp33,2 miliar).

Malfungsi Pada Sistem Transfer

Sejumlah pengguna melaporkan bahwa PNDX memiliki malfungsi dalam sistem transfer. Fungsi transfer pada token PNDX seharusnya bertanggung jawab untuk memperbarui saldo pengguna saat melakukan transfer. Namun, ada sebuah masalah karena fungsi tersebut justru memanggil fungsi “brutalized_” yang berbeda.

Akibatnya, transfer koin menjadi tidak berjalan dengan benar, dan hal ini dapat menyebabkan masalah bagi pengguna, termasuk memungkinkan mereka untuk mentransfer koin dari akun pengguna lain secara tidak sah.

Versi Terbaru PNDX Untuk Minimalisir Kerugian Investor

Rune memberikan laporan terbaru yang mengatakan bahwa pembuatan versi baru PNDX sedang dikerjakan. Versi terbaru tersebut akan memiliki fitur dasbor yang bertujuan untuk memberikan kompensasi kepada para korban melalui penggunaan “koin komunitas”.

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.