Fidelity Kembali Ajukan ETF Bitcoin Spot

Anggita Hutami

30th June, 2023

Perusahaan manajemen aset keuangan terkemuka, Fidelity, kembali mengajukan permohonan untuk meluncurkan ETF Bitcoin spot, Wise Origin Bitcoin Trust pada Kamis (29/6).

Sebelumnya, Fidelity telah mengajukan permohonan untuk Wise Origin Bitcoin Trust pada Maret 2021. Namun, saat itu permohonan ditolak oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS.

Dalam dokumen pengajuan, Fidelity telah mencantumkan surveillance sharing agreement (perjanjian berbagi pengawasan) dengan platform perdagangan Bitcoin spot di AS yang belum disebutkan namanya.

Tujuan dari perjanjian tersebut adalah untuk mengurangi kekhawatiran SEC terkait potensi terjadinya penipuan dan manipulasi pasar.

Untuk memenuhi standar ini dalam proposal untuk mencantumkan dan memperdagangkan serangkaian Commodity-Based Trust Shares, Komisi [SEC] mensyaratkan bahwa sebuah bursa harus menunjukkan adanya perjanjian berbagi pengawasan yang komprehensif dengan pasar yang diatur dan memiliki ukuran yang signifikan.

Formulir Pengajuan Bitcoin ETF Spot

Alternatif Bitcoin di Pasar Spot Lebih Aman

Fidelity menemukan bahwa pasar kripto tumbuh pesat dan berhasil menarik sejumlah pelaku keuangan tradisional. Namun, Fidelity juga menyadari bahwa investor kripto mengalami kerugian yang disebabkan oleh kebangkrutan kustodian maupun exchange kripto terpusat baru-baru ini.

Karena hal itu, Fidelity mencoba kembali untuk mengajukan permohonan Bitcoin ETF Spot sebagai alternatif dari investasi Bitcoin di pasar spot.

Sampai saat ini, ketiadaan Spot Bitcoin ETF mengekspos aset investor AS pada risiko yang signifikan karena para investor yang seharusnya mencari paparan aset kripto melalui Spot Bitcoin ETP dipaksa untuk mencari paparan alternatif melalui cara yang umumnya lebih berisiko. Persetujuan Spot Bitcoin ETP akan menjadi kemenangan besar untuk perlindungan investor AS di ruang aset kripto.

Formulir Pengajuan Bitcoin ETF Spot

Pengamat Optimis ETF Bitcoin Akan Disetujui Otoritas Secepatnya

Pengajuan ETF Bitcoin spot yang dilakukan Fidelity pada Kamis (29/6) hanya berselang dua minggu setelah BlackRock mengajukan dokumen untuk produk serupa yang dikenal sebagai iShares Bitcoin Trust pada Kamis (15/6). Beberapa perusahaan lainnya yang diketahui telah mengajukan perizinan Bitcoin ETF diantaranya Invesco (IVZ) dan WisdomTree.

Kepala Petugas Produk CoinShares Townsend Lansing memperkirakan ada peluang sebesar 10% bahwa pengajuan BlackRock akan disetujui oleh SEC. Alasannya adalah SEC ingin melihat mayoritas perdagangan Bitcoin terjadi di pertukaran kripto AS. Pendapat tersebut disampaikannya melalui podcast pada Senin (29/6).

Jika BlackRock berhasil mendapatkan persetujuan untuk ETF Bitcoin, kemungkinan besar pengajuan ETF Bitcoin oleh perusahaan keuangan lain juga akan disetujui.

Baca Juga: BlackRock Ajukan Spot ETF Bitcoin, Bullish Bagi Bitcoin?

SEC baru-baru ini memberikan persetujuan untuk perdagangan Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin dengan leverage yang ditawarkan oleh Volatility Shares pada Jumat (23/6).

Baca Juga: SEC Izinkan BITX sebagai ETF Bitcoin Leverage Pertama di Amerika Serikat!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.