Cardinal Solana Dihentikan, Pengguna Diimbau Segera Tarik Aset!

Anggita Hutami

30th June, 2023

Cardinal labs akan menghentikan layanan protokolnya pada Rabu (28/6). Pengguna protokol Cardinal diimbau untuk menarik aset paling lambat 26 Agustus 2023.

Sebagian besar operasional protokol Cardinal dihentikan mulai tanggal 19 Juli 2023. Adapun fitur-fitur yang dimatikan diantaranya pembuatan staking pool, manajemen token, penyewaan NFT, pengelolaan media sosial, dan deposit.

Cardinal Labs adalah penyedia infrastruktur untuk mendukung penggunaan NFT di jaringan Solana. Mereka menyediakan protokol dan perangkat lunak untuk staking, penyewaan, langganan, royalti, dan perdagangan NFT.

Usai pengumuman tersebut, harga Solana (SOL) justru melonjak hampir 14%. Menurut Coinmarketcap, SOL diperdagangkan seharga US$18,49 dengan volume perdagangan sekitar satu miliar lebih.

Baca Juga: Harga Sol Naik 12%, Market Cap Sentuh $4 Miliar!

Pengembang Hadapi Masalah Finansial

Cardinal Labs mengakui menghadapi sejumlah kesulitan finansial sejak protokol diluncurkan pada tahun 2021. Pengembang kesulitan menarik pelanggan yang sesuai dengan model bisnisnya.

“Kami telah melakukan yang terbaik untuk menavigasi lingkungan makroekonomi yang sangat sulit ini sejak kami mulai 18 bulan lalu, kesesuaian pasar produk terus sulit ditemukan, dan kenyataannya anggota tim kami ingin mengeksplorasi pekerjaan lainnya ” ungkap Cardinal Labs dalam akun Twitter resmi pada Rabu (28/6).

Meskipun menghadapi tantangan dari segi finansial dan pemasaran, Cardinal Labs menilai bahwa protokolnya memiliki utilitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Pencapaian Cardinals

Menurut data Crunchbase, Cardinal berhasil mengumpulkan US$750.000 pada pendanaan awal yang dilakukan pada tahun 2021. Pendanaan awal dipimpin oleh perusahaan ventura kripto, Neo Ventures.

Kemudian pada Juli 2022, Cardinal kembali berhasil mengumpulkan dana sebesar US$4,4 juta. Pendanaan tersebut dipimpin oleh perusahaan ventura kripto Protagonist dan Solana Ventures.

Perusahaan besar lainnya yang juga bergabung mendanai proyek Cardinal diantaranya Animoca Brands, Delphi Digital, CMS Holdings, dan Alameda Research.

Selama 18 bulan beroperasi, Cardinal diperkirakan telah mengumpulkan pendanaan sebesar US$5,2 juta. Cardinal juga telah mencatat sebanyak 65.000 NFT yang di-stake dalam protokol tersebut

Baca Juga: Solana Jadi Ekosistem NFT Terbesar Kedua, Bagaimana dengan Harga SOL?

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.