Fidelity Hingga Citadel Dukung Exchange Kripto Baru, EDX Markets

Anggita Hutami

21st June, 2023

Pertukaran kripto EDX Markets resmi diluncurkan pada Selasa (20/6). Peluncuran ini hanya selang beberapa hari dari BlackRock yang mengajukan ETF Bitcoin spot.

EDX Markets ini membuat pasar kripto riuh karena mendapatkan dukungan dari perusahaan ternama dunia, seperti Citadel Securities, Fidelity Investments, Paradigm, Sequoia Capital, Virtu Financial, dan Charles Schwab.

Berkat peluncuran dan dukungan perusahaan besar itu, pasar kripto pun mengalami kenaikan kapitalisasi sebesar 5,17% dalam 24 jam terakhir dan bernilai US$1,3 triliun.

Baca juga: Bitcoin Bidik Harga Ini Usai Tembus US$29.000!

EDX Markets juga berhasil menggandeng sejumlah investor baru seperti Miami International Holdings, DV Crypto, Global Trading Strategies, GSR Markets, dan Hudson River Trading. Dana pada putaran kedua akan digunakan untuk mendukung bisnis EDX Markets ke depannya.

Mengenal EDX Markets

Berbeda dengan exchange kripto yang umumnya melayani investor ritel, EDX Markets lebih memfokuskan layanannya kepada investor institusional. Untuk mengurangi konflik kepentingan, EDX Market mengadopsi model non-kustodial dan penawaran harga yang kompetitif.

EDX Markets juga telah menjalin kemitraan dengan pialang ritel untuk merutekan pesanan transaksi investor kripto ke pasarnya. Saat ini EDX Markets hanya menyediakan perdagangan untuk empat aset kripto yang tidak dianggap sebagai sekuritas oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat.

Aset-aset yang saat ini tersedia yaitu Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Litecoin (LTC), dan Bitcoin Cash (BCH). Meskipun menjual aset kripto yang tidak dikategorikan sebagai sekuritas, namun EDX Markets belum terdaftar di SEC.

Platform EDX Markets tidak menyediakan tampilan antarmuka pengguna grafis (front-end). Sebagai gantinya, EDX Markets menggunakan antarmuka pemrograman aplikasi (API) agar investor dapat melakukan perdagangan secara otomatis melalui sistem yang mereka atur sendiri.

Baca Juga: BlackRock Ajukan Spot ETF Bitcoin, Bullish Bagi Bitcoin?

Sebagai exchange baru, EDX Markets patut diperhitungkan karena telah mendapat dukungan dana dari sejumlah institusi keuangan ternama seperti Citadel Securities, Fidelity Investments, Paradigm, Sequoia Capital, Virtu Financial, dan Charles Schwab.

Baca Juga: Fidelity Bikin FOMO, Harga Bitcoin Tembus US$27.000

Selain itu, pada putaran pendanaan keduanya, EDX Markets berhasil menggandeng sejumlah investor baru seperti Miami International Holdings, DV Crypto, Global Trading Strategies, GSR Markets, dan Hudson River Trading. Dana pada putaran kedua akan digunakan untuk mendukung bisnis EDX Markets ke depannya.

EDX dilaporkan berencana meluncurkan bisnis kliring dalam beberapa bulan ke depan. Bisnis kliring dirancang untuk meningkatkan persaingan harga, meminimalkan risiko penyelesaian, dan meningkatkan efisiensi operasional. Aset pelanggan akan disimpan di bank pihak ketiga dan kustodian kripto.

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.