Binance Bekukan XRP Senilai Rp65 Miliar, Pasca Founder Ripple Diretas

Ary Palguna

2nd February, 2024

Binance mengumumkan pada 1 Februari 2024 bahwa telah membekukan XRP senilai $4,2 juta atau setara dengan Rp65 miliar, yang dicuri dari salah satu founder Ripple, Chris Larsen dalam sebuah insiden peretasan.


Dalam sebuah postingan X (1/2/24) dari CEO Binance, Richard Teng, menyatakan bahwa telah membekukan koin XRP yang terindikasi terkait dengan peretasan wallet milik salah satu founder Ripple, Chris Larsen.

“Setelah mengetahui secara dini tentang eksploitasi tersebut […] kami senang mengatakan bahwa tim Binance berhasil membekukan US$4,2 juta XRP yang dicuri oleh pelaku eksploitasi,” tulis Richard Teng dalam postingannya.

Teng mengatakan bahwa Binance akan terus mendukung penyelidikan yang sedang berlangsung dan upaya untuk mengembalikan dana tersebut.

Baca juga: Kirim 80 Juta XRP, Ripple Picu Spekulasi di Komunitas

Binance Pantau Wallet Peretas

Dia menambahkan bahwa Binance akan memantau dana yang tetap berada di wallet eksternal pelaku eksploitasi, untuk melihat apakah ada jumlah tambahan yang disetorkan ke exchange.

Peretasan ini melibatkan pencurian senilai US$112,5 juta setara koin XRP, yang berarti bahwa Binance membekukan sekitar 3.75% dari dana yang dicuri.

Dari postingan Teng, terdapat poin yang keliru yakni mengidentifikasi eksploitasi tersebut sebagai menargetkan Ripple itu sendiri. Anggota Yayasan XRP Ledger, Thomas Silkjær memperbaikinya dan mencatat bahwa serangan tersebut menargetkan wallet XRP pribadi Larsen bukan wallet XRP yang terkait dengan Ripple Labs.

Teng mengakui koreksi tersebut dan menulis, “Menghargai koreksi tentang penulisan. Untuk klarifikasi, ini adalah wallet pribadi milik Larsen yang dieksploitasi.”

Baca juga: Wallet CEO Ripple Kena Retas, Rugi Rp1,77 Triliun

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.