TVL dan Harga Fantom Ambles Usai Multichain Dieksploitasi

Anggita Hutami

17th July, 2023

Pendiri Fantom, Andre Cronje, mengatakan kasus Multichain baru-baru ini adalah “pukulan besar” bagi platform smart contract.

Komentarnya di forum muncul ketika nilai total terkunci (TVL) dan harga token asli Fantom (FTM) mengalami penurunan signifikan selama satu bulan terakhir bersamaan dengan peretasan Multichain yang berlangsung awal bulan Juli.

Menurut data dari DefiLlama, total nilai terkunci (TVL) Fantom turun dari US$364 juta pada awal Mei menjadi sekitar US$68,21 juta pada 14 Juli. Sebelumnya, TVL Fantom pernah mencatatkan level tertinggi sebesar US$7,78 miliar pada Kamis (3/3/2022).

Fluktuasi TVL Fantom. Sumber: Defillama
Fluktuasi TVL Fantom. Sumber: Defillama.

Harga token asli Fantom (FTM) juga ikut mencatat penurunan sebesar 15,61% sejak awal Juni. Pada Jumat (2/6), harga FTM diperdagangkan sebesar US$0,314 kemudian nilainya menurun ke US$0,265 pada Senin (17/7).

Efek Domino Peretasan Multichain

Sebagian besar aset kripto ditarik dari beberapa dompet yang terhubung dengan Fantom, seperti Moonriver dan Dogechain bridges. Penarikan dana ini mempengaruhi aspek jaringan Fantom yang terkait dengan Ethereum.

Dampak dari masalah Multichain juga mempengaruhi protokol pinjaman, Geist Finance, yang terpaksa ditutup permanen karena mengalami kerugian besar. Sebelum peretasan terjadi, aset kripto senilai lebih dari US$29 juta terkunci dalam kontrak yang berjalan di jaringan Fantom.

Penutupan Geist Finance berdampak besar pada TVL Fantom. Peretasan Multichain MPC diduga kuat menimbulkan efek domino yang menyebabkan penurunan nilai TVL dan harga token asli Fantom bulan ini.

Dua penerbit stablecoin terkemuka, Circle dan Tether, juga telah membekukan lebih dari US$65 juta aset yang terkait dengan peretasan.

Andre Cronje mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan kedua penerbit stablecoin itu untuk memulihkan aset-aset yang terdampak peretasan platform Multichain.

Baca juga: Andre Cronje Sebut Tren AI Hanya Pump and Dump!

Fantom Berusaha Pulihkan Aset Terdampak

Andre Cronje bersama dengan timnya telah berusaha keras untuk memulihkan aset yang terdampak oleh peretasan Mutichain. Ia telah meminta bantuan organisasi terkait untuk memulihkan aset dan mempertimbangkan bantuan dari Fantom Foundation.

Cronje mengungkapkan bahwa pihaknya mendapatkan jaminan dari tim untuk mengakses server dan distribusi geolokasi. Namun, Cronje mengatakan akan melakukan verifikasi dan konfirmasi lebih lanjut sebelum menentukan tindakan selanjutnya.

Platform bridge Multichain MPC diketahui telah mencatat arus keluar signifikan sebesar US$102 juta sejak Jumat (2/6). Ahli menilai bahwa jumlah arus keluar terbilang tidak wajar dan dicurigai sebagai peretasan.

Baca Juga: Krisis Multichain dan Gate.io Diduga Picu Harga BTC Anjlok!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.