Tokocrypto Rilis Proof of Reserves, Total Ekuitas Rp2,53 Triliun

Anggita Hutami

15th May, 2023

Tokocrypto pertukaran kripto yang sudah terdaftar di Bappebti merilis sistem Proof of Reserve pada Rabu (10/5). Sistem ini berfungsi untuk memverifikasi kecukupan cadangan aset suatu exchange kripto untuk memenuhi kewajiban kepada pengguna.

“Kebijakan merilis PoR ini membuktikan dan memverifikasi bahwa Tokocrypto memiliki dana yang mencukupi untuk menutupi semua aset pengguna secara secara utuh (1:1), serta memiliki cadangan tambahan,” ungkap Humas Tokocrypto, Bianda Ludwianto dalam rilis resminya.

Baca Juga: Mengenal Proof of Reserves Sebagai Bukti Transparansi Bursa Kripto

Proof of Reserve Tokocrypto

Proof of Reserve yang ditampilkan dihitung berdasarkan total ekuitas Tokocrypto pada saat verifikasi dilakukan dan tidak mencerminkan perubahan nilai aset secara real-time. Bukti Proof of Reserve Tokocrypto juga telah terintegrasi ke layanan dompet Binance melalui fitur Tokocrypto Merkle.

Menurut situs resminya, Tokocrypto memiliki total ekuitas yang mencapai US$171,38 juta atau senilai Rp2,53 triliun.

Gambar total ekuitas Tokocrypto. Sumber: Tokocrypto

Dari data Proof of Reserve di atas, ekuitas tertinggi di Tokocrypto didominasi oleh Bitcoin, Ethereum, BNB, USDT, BUSD, USDC, dan lainnya.

Sementara itu, untuk nilai ekuitas aset kripto bertema meme seperti Dogecoin dan Shiba Inu (SHIB), masing-masing yaitu 54,16 juta DOGE dan 714,83 miliar SHIB.

Auditor yang Digunakan

Untuk menampilkan hasil audit yang akurat dengan tetap menjaga privasi pelanggan, Tokocrypto menggunakan protokol audit Merkle Tree dan zk-SNARK.

Merkle Tree berfungsi untuk memverifikasi integritas cadangan aset dengan efisien. Sedangkan, zk-SNARKs berfungsi untuk memberikan bukti kebenaran atas cadangan aset tanpa mengungkapkan informasi sensitif pengguna.

Baca Juga: Binance Pilih Auditor Mazars, Proof of Reserve Binance Dipertanyakan

Laporan Stablecoin BIDR

Tokocrypto juga merilis Proof of Reserves untuk stablecoin BIDR. Laporan tersebut diaudit secara independen oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) setiap semester sejak 2020. Namun, laporan terakhir kali diperbarui pada Mei 2022.

Screenshot Rekening Koran untuk Jaminan BIDR (31 Mei 2022)
Sumber: Tokocrypto

Menurut laporan Tokocrypto terkait BIDR per Mei 2022, jumlah token BIDR yang tercatat di blockchain sejalan dengan jumlah uang Rupiah yang disimpan dalam rekening koran per tanggal 31 Mei 2022, dengan perbandingan 1:1.

Screenshot Binance Chain Explorer untuk BIDR BEP20 (31 Mei 2022)
Sumber: Tokocrypto

Dalam laporan tersebut, terdapat informasi bahwa token BIDR (BEP-20) yang dialokasikan pada blockchain memiliki nilai yang sama dengan saldo yang dijamin oleh bank. Jumlah total yang tercatat adalah sebesar Rp558.019.627.005.

BIDR adalah stablecoin dengan nilai yang dipatok sebanding dengan mata uang rupiah Indonesia (IDR). Setiap satu BIDR memiliki nilai satu rupiah.

Stablecoin BIDR bertujuan untuk memberikan stabilitas nilai dan kemudahan dalam melakukan transaksi dengan mata uang kripto di ekosistem Tokocrypto.

Baca Juga: Sama-sama Jadikan Rupiah Acuan, Ini Beda IDRT dan BIDR

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.