500 Token Scam Beredar di Blockchain Base Coinbase

Anggita Hutami

21st August, 2023

Coinbase baru saja merilis platform blockchain layer-2 yang dikenal dengan sebutan Base pada Rabu (9/8). Platform tersebut berhasil menarik 136.000 pengguna hanya dalam satu hari setelah diluncurkan. Namun, sayangnya platform ini diketahui mengundang banyak token scam.

Baca Juga: Layer-2 Base Jadi Tempat Meme Coin Baru, Token BALD Naik Dua Ribu Persen!

Waspada Fungsi Tersembunyi di Smart Contracts

Menurut laporan Solidus Labs, ada 300 smart contract yang memiliki fungsi tersembunyi dalam token scam yang ada di blockchain Base. Fungsi tersembunyi ini memungkinkan pembuatnya untuk menerbitkan koin baru dalam jumlah yang tidak terbatas.

Selain itu, ada 70 smart contract diketahui memiliki fungsi pengubah biaya transaksi yang disamarkan. Tak sampai di situ, 60 smart contract lainnya terindikasi memiliki honeypot yang mencegah pembeli menjual kembali token mereka.

Token scam yang ada di jaringan Base, berhasil menarik volume perdagangan sekitar US$3,7 juta pada platform pertukaran terdesentralisasi berbasis Base.

Volume ini terbagi menjadi pembelian senilai US$2,7 juta, penjualan senilai US$700.000, dan juga penjualan money laundering dengan kripto senilai US$300.000 yang dilakukan oleh penipu. Total selisih US$2 juta antara volume pembelian dan penjualan asli berhasil diambil oleh penipu sebagai keuntungan.

Para pengembang token scam menghasilkan keuntungan melalui dua cara. Pertama, mereka menarik semua uang yang ada di pertukaran DEX setelah banyak orang melakukan investasi sekitar US$1,7 juta.

Kedua, mereka menciptakan banyak koin baru tanpa batas dan menjualnya, sehingga menguras uang yang ada di pertukaran DEX, yakni sekitar US$300.000. Salah satu contoh dari “soft rug pull” yang terjadi di blockchain Base adalah kripto BALD.

Kreator BALD berhasil mendapatkan lebih dari US$5,2 juta dengan memanfaatkan promosi yang intens di Twitter (“X”) dan dengan sengaja meningkatkan harga serta volume transaksi di exchange terdesentralisasi LeetSwap, yang mana pembuat token tersebut memanfaatkan kehebohan, janji, dan manipulasi harga serta volume untuk menarik minat pengguna.

Baca Juga: Lebih dari 60 Ribu ETH di Bridge ke Proyek Layer-2 Base

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.